Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kelengkapan Atribut Apoteker terhadap Persepsi Masyarakat di Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas

RAHMASARI, Rafiqah (2020) Analisis Kelengkapan Atribut Apoteker terhadap Persepsi Masyarakat di Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Rafiqah Rahmasari - I1C016010 - SKRIPSI - FIKes - 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (943kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 menyatakan bahwa Apoteker selama menjalankan tugasnya dituntut untuk menggunakan atribut antara lain baju praktik dan tanda pengenal agar meningkatkan penampilan fisik yang dapat membangun karakteristik persepsi di mata masyarakat kepada Apoteker. Persepsi yang baik dipengaruhi oleh tingkat pendidikan tinggi. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui kelengkapan atribut Apoteker terhadap persepsi masyarakat dan mengetahui hubungan tingkat pendidikan masyarakat dengan persepsi masyarakat mengenai kelengkapan atribut Apoteker. Metodologi : Penelitian ini secara cross sectional kepada 102 responden yang berusia 17 – 55 tahun dan tinggal di Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas dengan accidental sampling menggunakan kuesioner melalui google form. Data karakteristik responden dan kelengkapan atribut apoteker terhadap persepsi masyarakat yang terdiri dari 4 foto dengan atribut yang berbeda dianalisis secara univariat sedangkan uji korelasi pearson digunakan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pendidikan dengan persepsi masyarakat mengenai kelengkapan atribut Apoteker. Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan persepsi baik sebesar 92% pada foto1 (jas praktik, kemeja, tanda pengenal, celana bahan, dan sepatu), persepsi baik sebesar 77% pada foto 2 (jas praktik, kaos, tanda pengenal, celana jeans dan sendal), persepsi cukup baik sebesar 68% pada foto 3 (kemeja, celana bahan dan sepatu), dan persepsi kurang baik sebesar 44% pada foto 4 (kaos, celana jeans dan sendal). Terdapat hubungan (p-value = 0,000 ; r = 0,417) yang berkolerasi sedang antara tingkat pendidikan dan persepsi masyarakat Kelurahan Teluk mengenai kelengkapan atribut Apoteker. Kesimpulan : Atribut yang lengkap dapat meningkatkan persepsi yang baik dimata masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20239
Uncontrolled Keywords: Atribut, Apoteker, persepsi.
Subjects: D > D334 Drugstores
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:46
Last Modified: 30 Mar 2022 04:46
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item