Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Implementasi Sistem Rujukan Online di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas Tahun 2019

KURNIASIH, Liana (2020) Analisis Implementasi Sistem Rujukan Online di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB-I-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB-II-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB-III-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB-IV-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB-V-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Liana Kurniasih-I1A015005-Skripsi-FIKes-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : BPJS Kesehatan mulai menerapkan rujukan online yang bertujuan untuk dapat menguraikan penumpukan pasien yang terjadi di fasilitas kesehatan penerima rujukan. Diharapkan rujukan online dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan. Dalam pelaksanaannya diketahui angka kunjungan rawat jalan RSUD Banyumas mengalami penurunan dari 244.759 kunjungan pada tahun 2017 menjadi 219.161 kunjungan pada tahun 2018. Hal tersebut telah sesuai dengan tujuan diterapkannya rujukan online yaitu mengurai penumpukan pasien difasilitas kesehatan tingkat lanjutan, namun di sisi lain rumah sakit merasakan adanya penurunan pasien tersebut di awal penerapan dan semakin berjalan implementasi tersebut, angka kunjungan rawat jalan sudah kembali stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi rujukan online dari sisi manfaat, strategi aktor yang terlibat, komunikasi, sumber daya serta struktur birokrasi. Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, penentuan informan dilakukan secara purposive sampling sebanyak 7 orang. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis. Triangulasi data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian : Sistem rujukan online memberikan manfaat bagi stakeholder dalam memberikan pelayanan kesehatan. Strategi yang dilakukan stakeholder sebelum menerapkan rujukan online yaitu melakukan persiapan dengan belajar dan latihan. Komunikasi untuk meningkatkan pelayanan dengan rujukan online dilakukan BPJS Kesehatan, rumah sakit dan puskesmas melalui sosialisasi, contact person dan rapat. Sumberdaya manusia yang diperlukan untuk memberikan pelayanan telah paham dan terampil dalam memberikan pelayanan. Pelayanan rujukan online juga diberikan sesuai alur dan prosedur. Simpulan : Implementasi sistem rujukan online di RSUD Banyumas memberikan manfaat bagi stakeholder dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20245
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Implementasi, Rujukan Online
Subjects: C > C647 Community health services
N > N23 National health insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 4080 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:31
Last Modified: 31 Mar 2022 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14133

Actions (login required)

View Item View Item