Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Konsentrasi Inulin yang Berbeda terhadap Produksi Bakteriosin Bifidobacterium sp. Bb2E dalam Kemampuannya Menghambat Bakteri Salmonella typhi

TIFANI, Okti Yuga Herarenika (2020) Pengaruh Konsentrasi Inulin yang Berbeda terhadap Produksi Bakteriosin Bifidobacterium sp. Bb2E dalam Kemampuannya Menghambat Bakteri Salmonella typhi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER- OKTI YUGA HT - B1A016052 - SKRIPSI - 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - OKTI YUGA HT- B1A016052- SKRIPSI 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (843kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Saluran pencernaan diketahui mengandung berbagai macam bakteri, salah satunya adalah Bifidobacterium. Bifidobacterium merupakan salah satu dari kelompok bakteri asam laktat yang memiliki ciri seperti Gram positif, berbentuk batang Y/V, tidak berspora, tidak motil, anaerob. Bifidobacterium diketahui menghasilkan senyawa aktif bakteriosin yang dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen seperti Salmonella typhi. Keberadaan senyawa prebiotik diketahui dapat mendukung pertumbuhan Bifidobacterium. Inulin diketahui sebagai prebiotik yang tersusun atas komponen nutrisi mengandung fruktan yang dapat meningkatkan aktivitas serta pertumbuhan dari mikrobiota spesifik di dalam saluran pencernaan dan sangat dimanfaatkan dalam dunia medis sebagai dietary fiber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi inulin terhadap kemampuan bakteriosin Bifidobacterium Bb2E dalam menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi dan mengetahui konsentrasi optimal inulin bagi Bifidobacterium Bb2E dalam menghasilkan bakteriosin yang efektif dalam menghambat bakteri Salmonella typhi. Rancangan penelitian dilakukan secara eksperimental dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas lima perlakuan dengan pengulangan sebanyak tiga kali disetiap perlakuan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa aktivitas penghambatan dari bakteriosin Bifidobacterium Bb2E tidak berpengaruh signifikan terhadap bakteri S. typhi setelah penambahan pengaruh variasi konsentrasi inulin. Selain itu, diketahui pula penambahan konsentrasi inulin sebesar 0,3% pada medium MRSB merupakan konsentrasi terbaik untuk meningkatkan kemampuan dari bakteriosin yang dihasilkan Bifidobacterium Bb2E dalam menghambat bakteri Salmonella typhi dengan luas penghambatannya mencapai 14 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B20008
Uncontrolled Keywords: Bakteriosin, Bifidobacterium, Inulin, Salmonella typhi
Subjects: B > B8 Bacteria
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:37
Last Modified: 04 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item