Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Rerata Nilai Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Visual dan Verbal Menurut Felder-Silverman Learning Style Model

AMALIA, Salma Nur (2020) Perbandingan Rerata Nilai Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Visual dan Verbal Menurut Felder-Silverman Learning Style Model. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Salma Nur Amalia-G1A016111-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Latar Belakang: Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FK Unsoed diterapkan dalam sistem Blok yang terdiri dari berbagai metode pembelajaran beserta penilaian hasil belajarnya. Written test merupakan salah satu penilaian hasil belajar di Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed yang termasuk dalam faktor product dan dapat dipengaruhi oleh gaya belajar sebagai faktor presage dan process dalam teori 3P. Mayoritas mahasiswa kedokteran memiliki gaya belajar visual, sedangkan sebagian besar metode pembelajaran yang digunakan adalah verbal, sehingga terdapat ketidaksinambungan antara keduanya. Tujuan: Untuk menganalisis perbedaan rerata nilai written test semester 2 antara gaya belajar visual dan verbal menurut FSLSM pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018. Metode: Penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional pada 44 mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018 yang terpilih dengan teknik total sampling. Pengambilan data gaya belajar menggunakanKuesioner ILS dalam Bahasa Indonesia. Data nilai written test didapatkan daridatabase semester 2 Angkatan 2018. Analisis hipotesis menggunakan uji t tidakberpasangan. Hasil: Gaya belajar visual paling banyak dimiliki (90,90%) dan rerata nilai writtentest paling banyak pada kategori C (34,09%). Rerata nilai gaya belajar visual lebihtinggi 1,41 poin dibandingkan verbal. Hasil uji t tidak berpasangan mendapatkan nilai p = 0,81. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan rerata nilai written test semester 2 antara mahasiswa dengan gaya belajar visual dan verbal menurut FSLSM pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G20047
Uncontrolled Keywords: elder-Silverman, gaya belajar visual-verbal, hasil belajar, written test
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Users 4079 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:47
Last Modified: 05 Apr 2022 02:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item