Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang

NINGRUM, Aji Ana (2022) Inovasi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf

Download (545kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf

Download (441kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aji Ana Ningrum-F1B017036-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga negara, hal ini menjadikan pelayanan publik menjadi hal yang sangat penting bagi setiap warga. Melihat pentingnya pelayanan publik maka diperlukan adanya peningkatan kualitas pelayanan salah satunya dengan cara melakukan inovasi. Inovasi juga penting dilakukan agar dapat mengikuti perubahan zaman seperti sekarang ini yang sudah serba digital. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian mengenai inovasi pelayanan publik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis inovasi pelayanan publik dalam pelayanan kependudukan di Disdukcatpil Kabupaten Pemalang melalui Lakone (Layanan Kependudukan Online). Penelitian ini menggunakan konsep inovasi oleh Paul Windrum (2008). Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode analisis interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Disdukcatpil Kabupaten Pemalang telah melakukan inovasi pelayanan melalui Lakone (Layanan Kependudukan Online) dan dapat memenuhi sebagian besar dimensi dari konsep inovasi Paul Windrum yaitu dimensi inovasi pelayanan, dimensi inovasi penyampaian layanan, dimensi inovasi konseptual, dimensi inovasi administratif dan organisasional, dimensi inovasi kebijakan dan dimensi inovasi sistemik. Namun, dari enam dimensi inovasi tersebut, dimensi inovasi administratif dan organisasional tidak terpenuhi dikarenakan belum adanya SOP yang jelas dan tidak adanya perubahan struktur organisasi. Diharapkan Disdukcatpil Kabupaten Pemalang dapat segera menyediakan SOP terkait pelayanan online agar apabila terjadi kendala atau masalah maka ada aturan atau alur yang jelas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22012
Uncontrolled Keywords: Inovasi, pelayanan publik, pelayanan kependudukan
Subjects: P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Aji Ana Ningrum
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:43
Last Modified: 23 Jun 2022 08:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item