Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Struktur Puisi dalam Kumpulan Sajak Hyang Karya Abdul Wachid B.S. Sebagai Pembelajaran Puisi di SMP

MUSTAWA, Muhamad Ilham (2022) Analisis Struktur Puisi dalam Kumpulan Sajak Hyang Karya Abdul Wachid B.S. Sebagai Pembelajaran Puisi di SMP. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhamad Ilham Mustawa-J1D016010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Puisi merupakan karya sastra hasil dari pemikiran dan perasaan seorang penyair terdiri dari unsur-unsur yang membentuk struktur puisi berupa struktur fisik dan struktur batin puisi. Waluyo mengemukakan struktur fisik puisi terdiri dari diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif atau majas, versifikasi dan tata wajah atau tipografi. Selain itu, Waluyo mengemukakan bahwa struktur batin puisi tema, nada dan suasana, perasaan, dan amanat. Tujuan penelitian ini, yang pertama adalah mendeskripsikan struktur fisik dan batin yang dipakai dalam kumpulan sajak Hyang karya Abdul Wachid B.S., yang kedua mendeskripsikan relevansi hasil penelitian analisis struktur fisik dan batin dalam kumpulan sajak Hyang karya Abdul Wachid B.S. sebagai bahan ajar sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan model pendekatan struktural yang menghasilkan pembahasan utuh dan otonom. Data diperoleh dari penggalan kumpulan sajak Hyang karya Abdul Wachid B.S. dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik kemudian hasil analisis data disajikan dengan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur fisik meliputi, (1) diksi, (2) pengimajian, (3) kata konkret, (4) bahasa figuratif. (5) versifikasi, dan (6) tipografi sudah ditemukan dalam empat judul sajak tersebut. Pada struktur batin meliputi, (1) tema, (2) nada dan suasana, (3) perasaan, dan (4) amanat juga ditemukan dalam empat sajak tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah empat sajak tersebut memiliki struktur fisik yang beragam kecuali diksi dan tipografi, sedangkan struktur batin yang ditemukan sebagian besar hampir sama. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau rujukan bahan ajar Kompetensi Dasar 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dll) yang diperdengarkan atau dibaca untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII sesuai dengan kurikulum 2013 dan tujuan penyelenggaraan pendidikan nasional menurut UU No. 30 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22033
Uncontrolled Keywords: struktur, puisi, sajak hyang, pendekatan, struktural
Subjects: P > P364 Poetry
P > P368 Poetry History and criticism
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Muhamad Ilham Mustawa
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:19
Last Modified: 10 Feb 2022 02:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item