Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Keterlibatan Konsumen dan Jumlah Paparan Iklan dalam Memoderasi Hubungan Antara Merek yang Menggunakan Endorser dengan Daya Ingat Merek

PURNOMO, Denny (2020) Analisis Pengaruh Keterlibatan Konsumen dan Jumlah Paparan Iklan dalam Memoderasi Hubungan Antara Merek yang Menggunakan Endorser dengan Daya Ingat Merek. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DATAR-PUSTAKA-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Denny Purnomo-C2C018011-tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen laboratorium pada mahasiswa S1 dari jurusan Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Pengaruh Keterlibatan Konsumen dan Jumlah Paparan Iklan dalam Memoderasi Hubungan Antara Merek yang Menggunakan Endorser dengan Daya Ingat Merek”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran moderasi keterlibatan konsumen dan jumlah paparan iklan pada hubungan antara iklan yang menggunakan celebrity endorser dan unknown endorser terhadap daya ingat merek dengan menggunakan merek fiktif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa S1 dari jurusan Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Jumlah total responden pada penelitian ini adalah 200 orang mahasiswa yang terdiri dari 40 orang untuk studi 1, 80 orang untuk studi 2, dan 80 orang untuk studi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Daya ingat terhadap merek rendah ketika iklan menggunakan celebrity endorser dan daya ingat terhadap merek kuat ketika iklan tersebut menggunakan unknown endorser, (2) Celebrity endorser akan membuat daya ingat merek rendah pada kondisi consumer involvement yang rendah dan celebrity endorser akan membuat daya ingat merek kuat pada kondisi consumer involvement yang tinggi, (3) Celebrity endorser akan membuat daya ingat merek rendah pada kondisi jumlah paparan iklan yang tinggi (overexposed) dan celebrity endorser akan membuat daya ingat merek kuat pada kondisi jumlah paparan iklan yang rendah (underexposed). Temuan penelitian ini berimplikasi bahwa: 1. Implikasi teoritis Untuk pengembangan ilmu pengetahuan, bagi penelitian berikutnya dapat meneliti lebih lanjut dengan meneliti pengaruh penggunaan celebrity endorser dan unknown endorser terhadap daya ingat merek dengan variabel moderasi lainnya yang potensial seperti tinggi rendahnya daya beli konsumen. Bagi penelitian berikutnya juga dapat meneliti lebih lanjut dengan meneliti pengaruh penggunaan celebrity endorser dan unknown endorser terhadap brand awareness (kesadaran merek). Yang terakhir, bagi penelitian berikutnya dapat meneliti lebih lanjut tentang penelitian ini dengan mengganti threatment iklan yang semula dalam bentuk iklan gambar menjadi iklan video. 2. Implikasi praktis Dalam upaya meningkatkan daya ingat merek para pelanggannya, pihak manajemen dapat mempertimbangkan untuk lebih memilih unknown endorser dalam mengiklankan produknya, hal ini dikarenakan penggunaan dari celebrity endorser dapat menyebabkan vampire effect atau melemahnya daya ingat merek. Namun penggunaan celebrity endorser ini masih dapat dilakukan jika produk yang diiklankan adalah termasuk dalam produk yang membutuhkan keterlibatan konsumen tinggi dalam pembelian produk tersebut. Penggunaan celebrity endorser juga dinilai masih aman, jika celebrity tersebut tidak overexposed atau dalam arti tidak dipakai terlalu sering oleh iklan produk-produk yang lain. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan lebih memprioritaskan penggunaan unknown endorser di dalam mengiklankan suatu produk. Jika manajemen tetap memilih menggunakan celebrity endorser, maka pastikan produk yang diiklankan adalah produk yang membutuhkan keterlibatan konsumen tinggi pada saat pembeliannya. Disamping itu, pastikan celebrity endorser yang akan digunakan tersebut tidak overexposed tetapi underexposed. Untuk lebih amannya lagi, celebrity endorser yang masih underexposed tersebut dapat dikontrak oleh perusahaan untuk menjadi duta dari produk perusahaan tersebut dan tidak mengiklankan produk-produk yang lain sampai masa dari kontrak kerja celebrity endoser tersebut habis.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20090
Uncontrolled Keywords: Endorser, Keterlibatan Konsumen, Jumlah Paparan Iklan, Daya Ingat Merek
Subjects: B > B337 Brand name products
M > M80 Marketing
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Users 4080 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:45
Last Modified: 11 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item