Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Mengungkap Faktor Risiko dan Alasan Timbulnya Beban Biaya Berlebih Pelayanan Rawat Inap Pasien Demam Dengue Pengguna Asuransi BPJS Kesehatan : Studi Kasus di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto

ROSELINA, Avia (2020) Mengungkap Faktor Risiko dan Alasan Timbulnya Beban Biaya Berlebih Pelayanan Rawat Inap Pasien Demam Dengue Pengguna Asuransi BPJS Kesehatan : Studi Kasus di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB-I-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB-II-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB-III-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB-IV-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB-V-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Avia Roselina-C2C018024-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai faktor risiko penyebab terjadinya kerugian di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto dan analisis risikonya akibat satu penyakit yang sering terjadi di masyarakat yaitu demam dengue. Penelitian ini mengambil judul: “Mengungkap Faktor Risiko dan Alasan Timbulnya Beban Biaya Berlebih Pelayanan Rawat Inap Pasien Demam Dengue Pengguna Asuransi BPJS Kesehatan : Studi Kasus Di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan faktor apa saja dan mengapa faktor tersebut yang menjadi penyebab timbulnya beban biaya berlebih pada biaya pelayanan rawat inap dengan asuransi BPJS Kesehatan untuk penyakit demam dengue di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto. Desain penelitian dicapai melalui dua tahap: fase satu dengan studi eksplorasi setelah itu dilanjutkan dengan studi deskriptif kualitatif pada fase dua. Populasi pada fase ekplorasi adalah dokumen rekam medis pasien demam dengue pengguna BPJS Kesehatan, dengan Total Sampling didapatkan sampel sebanyak 60 dokumen. Subyek penelitian adalah rincian biaya perawatan pasien pada rekammedis meliputi : Ruang rawat, Pemeriksaan IGD/poliklinik, Visit dokter umum, Visit dokter spesialis, Obat, Obat suntik. Cairan infus, Pemakaian alat bahan, Tindakan ruangan, Pemeriksaan laboratorium, Administrasi. Pada fase deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi kepada informan terkait di Rumah Sakit Sinar Kasih Purwokerto dan informan narasumber dari BPJS Kesehatan Purwokerto. Snowball Sampling menjadi metode penelitian yang digunakan untuk menentukan informan. Hasil penelitian direduksi, disajikan dan disimpulkan selanjutnya divalidasikan dengan triangulasi dan pendapat pembimbing sehingga dihasilkan kesimpulan hasil yang disetujui bersama. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa: 1) Penyebab timbulnya beban berlebih pada rawat inap pasien demam dengue adalah dari sektor ruang rawat dan biaya pemeriksaan laboratorium, 2) Semakin panjang periode lama rawat inap pasien demam dengue akan semakin meningkatkan frekuensi pemeriksaan laboratorium, 3) Pemeriksaan laboratorium serial menggunakan hematology analyzer menambah beban biaya rumah sakit, 4) Clinical pathway demam dengue RS Sinar Kasih Purwokerto dari segi biaya masih belum efektif. Implikasi dari kesimpulan yaitu upaya dalam membantu meminimalkan beban biaya berlebih yang dikeluarkan rumah sakit untuk kasus rawat inap demam dengue sebaiknya dilakukan evaluasi ulang dan perbaikan clinical pathway demam dengue dengan satu tujuan yang sama yaitu efektif dan efisien. Upaya lain yang dapat dilakukan yaitu melakukan pengawasan dan audit terhadap pelaksanaan clinical pathway demam dengue guna meningkatkan kepatuhan dokter terhadap pelaksanaan clinical pathway demam dengue.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20094
Uncontrolled Keywords: Beban Biaya, Rawat Inap, Demam Dengue, BPJS Kesehatan
Subjects: H > H56 Health insurance
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:15
Last Modified: 14 Feb 2022 08:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item