SUYANTO, Bernadus Ardan Rico (2020) Pengaruh Self Congruity dan Destination Image terhadap Destination Loyalty dengan Memorable Tourism Experience sebagai Variabel Mediasi (pada Obyek Wisata Candi Borobudur). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bernadus Ardan Rico Suyanto-C2C018028-Tesis-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pada wisatawan dari Candi Borobudur yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Self Congruity dan Destination Image Terhadap Destination Loyalty Dengan Memorable Tourism Experience Sebagai Variabel Mediasi (pada obyek wisata Candi Borobudur)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self congruity dan destination image terhadap destination loyalty dengan memorable tourism experience sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dari Candi Borobudur. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 128 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) menunjukkan bahwa: (1) Self congruity berpengaruh positif terhadap memorable tourism experience, (2) Destination image berpengaruh positif terhadap memorable tourism experience, (3) Self congruity berpengaruh positif terhadap destination loyalty, (4) Destination image berpengaruh positif terhadap destination loyalty, (5) Memorable tourism experience mampu memediasi hubungan antara self congruity dengan destination loyalty, (6) Memorable tourism experience mampu memediasi hubungan antara selfcongruity dengan destination loyalty. Penelitian ini memberikan informasi khususnya bagi pengelola wisata Candi Borobudur bahwa variable memorable tourism experience merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap destination loyalty dan harus dipertimbangkan pengelola untuk meningkatkan loyalitas wisatawan terhadap Candi Borobudur, tetapi tidak juga melewatkan self congruity dan destination image karena kedua faktor tersebut juga memiliki pengaruh terhadap destination loyalty. Dalam melakukan peningkatan memorable tourism experience wisatawan, pengelola hendaknya memberikan sesuatu yang dapat terus diingat dibenak wisatawan sehingga akan meningkatkan niat berkunjung kembali wisatawan serta merekomendasikan Candi Brorobudur ke orang lain. Pengelola wisata Candi Borobudur perlu melakukan peningkatan self congruity dengan cara membuat sesuatu pada brand dari Candi Borobudur yang dapat membuat wisatawan menjadi lebih meningkatkan tingkat percaya dirinya ketika berwisata ke Candi Borobudur. Selain itu, pengelola wisata Candi Borobudur juga perlu meningkatkan citra Candi Borobudur dengan memberikan atau menambahkan fasilitas yang menambahkan kenyamanan pengunjung ketika berwisata ke Candi Borobudur, terlebih kenyamanan berwisata bersama keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P20095 |
Uncontrolled Keywords: | Self Congruity, Destination Image, Memorable Tourism Experience, Destination Loyalty |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 08:40 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 08:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14367 |
Actions (login required)
View Item |