FRESYANA, Icha Aurel (2022) Hubungan Motivasi Belajar berdasarkan Tipe Kepribadian dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Download (141kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Icha Aurel Fresyana-I1E018012-Skripsi-FIKES-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Motivasi belajar merupakan salah satu faktor internal penentu belajar. Namun pada prosesnya, terdapat perbedaan hasil belajar setiap siswa, perbedaan tersebut terletak pada perilaku belajar siswa yang beragam, perbedaan tersebut terletak pada karakteristik setiap siswa atau dikenal sebagai kepribadian. Setiap kepribadian memiliki karakteristik yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan motivasi belajar berdasarkan tipe kepribadian dengan hasil belajar dan mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar PJOK siswa introvert dan ekstrovert. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan instrumen kuesioner dan dokumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 213 siswa yang dikelompokkan ke dalam dua tipe kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Analisis yang digunakan untuk mengetahui korelasi adalah uji pearson product memont, serta untuk mengetahui perbedaan digunakan uji independent sampel t-test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan motivasi belajar siswa introvert dan ekstrovert dengan hasil belajar PJOK dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,541 dan 0,564. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar PJOK siswa introvert dan ekstrovert dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,049 dan 0,004. Kesimpulan: Terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK berdasarkan tipe kepribadian dengan tingkat kekuatan hubungan sedang. Selain itu terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK antara siswa introvert dan ekstrovert.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I22061 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar PJOK, Introvert dan Ekstrovert |
Subjects: | E > E78 Educational psychology Motivation Psychology Performance S > S98 School sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mrs ICHA AUREL FRESYANA |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14579 |
Actions (login required)
View Item |