SARI, Novita Nanda (2022) Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan oleh Apoteker di Ruang Farmasi Puskesmas Gembor Kota Tangerang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Download (241kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Download (475kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-NovitaNS-I1C015085-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Salah satu fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kefarmasian adalah puskesmas. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menjadi salah satu bentuk evaluasi kinerja pelayanan yang sangat penting karena pasien yang puas akan menjaga hubungan dengan penyedia pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien dan hubungan kepuasan dengan kelompok karakteristik jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap pelayanan oleh apoteker di Puskesmas. Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel accidental sampling kepada 210 pasien yang telah mendapatkan pelayanan apoteker sesuai dengan kriteria inklusi. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2021. Pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner kepuasan dari penelitian sebelumnya. Seluruh data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Mann-Whitney pada karakteristik jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status pekerjaan, sedangkan uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia pasien. Data kepuasan pasien dianalisis secara deskriptif dengan menilai skor dan tingkat kepuasan. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepuasan sebesar 3,29 yang termasuk dalam kategori puas. Hasil analisis kepuasan dengan masing-masing kelompok karakteristik berdasarkan perbedaan skor rata-rata kepuasan yaitu menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristik pendidikan dan pekerjaan dengan nilai p<0,0001 dan p=0,001. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristik jenis kelamin dan usia dengan nilai p=0,453 dan p=0,073. Kesimpulan : Pasien merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh apoteker di Puskesmas dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin dan usia, namun terdapat perbedaan pada karakteristik pendidikan dan pekerjaan. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apoteker, Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I22081 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apoteker, Puskesmas |
Subjects: | C > C1020 Customer services P > P103 Patients P > P199 Pharmaceutical chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Mrs Novita Nanda Sari |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 01:39 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 01:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15054 |
Actions (login required)
View Item |