Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Kunyit dan Ekstrak Temulawak dengan atau Tanpa Rempah Lain terhadap Sifat Fisikokimia dan Sensoris Jelly Drink

ANINDITA, Fristy Anung (2016) Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Kunyit dan Ekstrak Temulawak dengan atau Tanpa Rempah Lain terhadap Sifat Fisikokimia dan Sensoris Jelly Drink. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jelly drink merupakan minuman semi padat yang memanfaatkan karagenan dari rumput laut Eucheuma sp. sebagai bahan pembentuk gel, serta diberi perasa sintesis untuk menambah daya tarik konsumen. Namun pada penelitian ini pembuatan jelly drink ditambahkan dengan perasa alami berupa ekstrak rempah kunyit atau temulawak asam dengan atau tanpa penambahan rempah lain berupa cengkeh, sereh, dan kapulaga. Penambahan eksrak rempah dalam berbagai konsentrasi berfungsi untuk menambah variasi rasa dan meningkatkan nilai fungsional dari jelly drink dan diharapkan menghasilkan karakteristik fisikokimia yang lebih baik pada jelly drink. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi ekstrak kunyit dan ekstrak temulawak dengan atau tanpa penambahan berbagai rempah terhadap sifat fisikokimia dan sensoris serta menentukan kombinasi perlakuan terbaiknya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor yaitu jenis rempah (T) yang terdiri atas kunyit asam (T1), kunyit asam-rempah (T2), temulawak asam (T3), temulawak asam-rempah (T4), serta faktor kedua yaitu konsentrasi ekstrak rempah (R) yang terdiri dari 5% (R1), 7,5% (R2), 10% (R3). Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 36 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan penambahan ekstrak rempah dengan konsentrasi yang berbeda ternyata tidak mempengaruhi sifat fisikokimia jelly drink berupa kadar air, pH dan sineresis tetapi menunjukkan hasil sangat berbeda nyata pada viskositas jelly drink. Penambahan ekstrak kunyit dan temulawak dengan atau tanpa rempah tambahan dengan berbagai konsentrasi berpengaruh terhadap sifat sensoris jelly drink. Kombinasi perlakuan terbaik berdasarkan variabel sensori adalah perlakuan T1R1 (kunyit asam 5%) dengan menghasilkan produk dengan warna coklat tua, aroma rempah sedikit kuat, daya sedot agak mudah, agak kenyal, flavor rempah agak terasa, rasa rempah tambahan tidak terasa, agak manis, dan disukai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16058
Subjects: F > F244 Food Analysis
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:03
Last Modified: 06 Apr 2022 03:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item