NOVIANTO, Slamet (2016) Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Tanah di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (906kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (985kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (929kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecamatan Somagede merupakan daerah sentra penghasil Kacang Tanah di Kabupaten Banyumas, meskipun demikian para petani Kacang Tanah di Kecamatan Somagede belum mendapatkan keuntungan secara maksimal karena adanya perbedaan harga di tingkat produsen dengan harga di tingkat akhir konsumen yang relatif tinggi, sedangkan saluran pemasarannya relatif pendek. Petani menjual produknya ke pedagang perantara yang terlibat, antara lain pengumpul, pedagang lokal dan pengecer, tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui marjin pemasaran kacang tanah pada setiap saluran pemasaran di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. (2) Mengetahui besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (farmer`s share) (3) Mengetahui besarnya profit margin yang diterima oleh masing-masing pedagang pada setiap saluran pemasaran (4) Mengetahui efisiensi jalur pemasaran kacang tanah di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas baik secara operasional maupun efisiensi harga. Penelitian dilakukan di Desa Plana, dan Desa Sokawera, Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 – September 2015. Penelitian ini dilakukan dengan metode surve dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Sensus dan snowball sampling. Jumlah responden petani sebanyak 61 orang dan jumlah pedagang yang dijadikan sampel sebanyak 10 orang yang terdiri dari 3 pedagang pengumpul, 3 pedagang lokal, pedagang besar 1, dan 3 pedagang pengecer. Metode analisis data menggunakan deskriptif, analisis marjin pemasaran, farmer’s share, analisis profit margin, analisis efisiensi transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marjin pemasaran Kacang Tanah di Kecamatan Somagede di setiap saluran pemasaran yaitu: saluran I memiliki marjin pemasaran sebesar Rp12.952,00/kg, saluran II sebesar Rp9.429,00/kg, saluran III sebesar Rp13.194,00/kg, secara analisis marjin dapat disimpulkan bahwa saluran II paling efisien pemasarannya. Profit margin Kacang Tanah di Kecamatan Somagede yang diterima paling besar diperoleh pedagang pengecer pada saluran II(petani – pedagang lokal – pengecer – konsumen) yaitu sebesar 50,35 persen dari nilai penjualan. Saluran pemasaran yang memiliki tingkat farmer’s share paling tinggi adalah saluran II (petani – pedagang lokal– pengecer – konsumen) dengan memperoleh keuntungan sebesar 50, 34 persen dan biaya pemasaran 36,34 persen. Ada dua nilai elastisitas transmisi harga yang terbentuk pada saluran pemasaran tersebut yaitu pada saluran I memiliki nilai ET < 1 yaitu 0,60 dan pada saluran II, III memiliki nilai ET < 1 yaitu 0,51. Dapat dikatakan bahwa secara umum efisiensi harga dalam pemasaran kacang tanah di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas tidak efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A16149 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Pemasaran, Kacang Tanah, Banyumas |
Subjects: | M > M80 Marketing N > N247 Nuts |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:07 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15251 |
Actions (login required)
View Item |