Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Ethical Sensitivity, dan Equity Sensitivity terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting

ROCHMAH, Giovani Bela (2022) Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Ethical Sensitivity, dan Equity Sensitivity terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-GIOVANI BELA.R-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf

Download (520kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf

Download (587kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-GIOVANI BELA ROCHMAH-C1C016036-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman kode etik profesi akuntan, ehical sensitivity, dan equity sensitivity terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting di fakultas ekonomi, Universitas Jenderal Soedirman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2016, 2017, dan 2018. Jumlah sampel minimal dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Sampel penelitian ini berjumlah 90 mahasiswa yang didapat dari penentuan sampel menggunakan metode snowball sampling, untuk pendistibusian sampel minimal digunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik survey dengan membagikan kuesioner melalui google form kepada responden. Metode Analisis data menggunakan statistic deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pemahaman kode etik profesi akuntan tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting; (2) ethical sensitivity berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting; (3) equity sensitivity berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu persepsi etis mahasiswa akuntansi Universitas Jenderal Soedirman menjadi lebih baik dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhinya, sehingga dapat menilai praktik creative accounting dengan lebih tegas dan bijak. Universitas yang merupakan tempat belajar bagi mahasiswa akuntansi yang merupakan calon akuntan masa depan hendaknya lebih menekankan mahasiswanya untuk mempraktikan nilai-nilai etika sedari masih dibangku kuliah seperti nilai kejujuran, bertanggungjawab, ketelitian, dan lain sebagainnya, bukana hanya sekedar menghafal atau memahami kode etik profesi akuntan. Universitas hendaknya menerapkan nilai-nilai etika lebih baik lagi bagi mahasiswa dan juga memberikan hukuman setimpal bagi mahasiswa yang melanggar etika karena dengan membangun kebiasaan mahasiswa sedini mungkin mengenai etika akan meningkatkan ethical sensitivity yang mereka miliki. Universitas yang merupakan tempat mahasiswa menimba ilmu sebaiknya menerapkan metode untuk lebih menghargai proses dari pada hasil semata. Menilai proses yang dilakukan mahasiswa akan membuat seorang siswa lebih dapat menghargai proses dan juga meminimalisir membandingkan apa yang didapatkan dengan hasil yang didapat orang lain. Hal ini tentunya akan meningkatkan equity sensitivity seorang mahasiswa yang nantinya akan berengaruh pada persepsi etisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22112
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Ethical Sensitivity, Equity Sensitivity, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting.
Subjects: A > A29 Accounting
P > P554 Professions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs GIOVANI BELA ROCHMAH
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:41
Last Modified: 01 Apr 2022 08:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item