Implementasi Dokumen Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008 dan Penilaian Mutu Virgin Coconut Oil (VCO) pada UMKM Coconut Sumber Sehat

PUSPITASARI, Gina (2016) Implementasi Dokumen Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008 dan Penilaian Mutu Virgin Coconut Oil (VCO) pada UMKM Coconut Sumber Sehat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (929kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (996kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di negara berkembang maupun di negara maju. Keberadaan MEA akan menciptakan pasar tunggal di wilayah ASEAN. MEA dapat menjadi peluang sekaligus tantangan bagi produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan oleh UMKM dalam menghadapi MEA yaitu mengimplementasikan manajemen mutu SNI ISO 9001:2008 maupun menyesuaikan produknya agar sesuai standar berdasarkan SNI (Standar Nasional Indonesia). Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengkaji hasil implementasi dokumen mutu berdasarkan SNI ISO 9001:2008 pada UMKM Coconut Sumber Sehat, 2) Menilai mutu produk VCO berdasarkan SNI 7381:2008 pada UMKM Coconut Sumber Sehat, dan 3) Mengetahui hasil implementasi dokumen sistem manajemen mutu terhadap mutu VCO sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan sistem manajemen mutu dalam UMKM Coconut Sumber Sehat. Penelitian dilaksanakan di UMKM Coconut Sumber Sehat Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap pada September 2015 sampai Desember 2015. Penelitian ini menggunakan metode survey pada UMKM. Hasil survey kemudian dilakukan penilaian dengan menggunakan Gap analysis checklist yang telah disesuaikan dengan persyaratan SNI ISO 9001:2008. Data yang diperoleh dari analisis gap kemudian dianalisis menggunakan Uji T (paired sample test) dengan program aplikasi SPSS 16. Hasil uji laboratorium kemudian dinilai secara deskriptif untuk mengetahui penilaian mutu produk VCO. Hasil implementasi secara keseluruhan menghasilkan nilai rata-rata pencapaian Sistem Manajemen Mutu sebesar 74,94%. Hasil tersebut menunjukan bahwa Sistem Manajemen Mutu pada UMKM tersebut sudah berlangsung dengan baik namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kegiatan yang belum konsisten. Hasil uji laboratorium menunjukan bahwa VCO milik UMKM Coconut Sumber Sehat masih terdapat beberapa jenis uji yang belum memenuhi persyaratan mutu SNI 7381:2008, jenis uji yang memiliki nilai lebih kecil dari persyaratan mutu adalah bilangan iod, asam kaprilat, dan asam laurat. Sedangkan jenis uji yang memiliki nilai lebih besar dari persyaratan mutu yaitu air dan senyawa menguap, asan kaproat, asam undecanoat, asam cis-9-oleat, asam linoleat, asam linolenat, asam eicosatrinoat, asam eicosanpentanoat dan cemaran tembaga. Hasil implementasi dokumen Sistem Manajemen Mutu pada UMKM Coconut Sumber Sehat sudah berlangsung dengan baik walaupun pelaksanaanya masih belum konsisten sehingga pada penilaian mutu VCO masih ada beberapa jenis uji yang tidak sesuai dengan syarat mutu SNI 7381:2008.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16357
Uncontrolled Keywords: Standar kualitas produk pangan, ISO 9001:2008
Subjects: Q > Q2 Quality control
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:32
Last Modified: 12 Apr 2022 07:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year