Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Identifikasi Perubahan Sifat Fisik Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) selama Masa Penyimpanan pada Pendingin Evaporatif

IFADA, Razifah Nur (2016) Identifikasi Perubahan Sifat Fisik Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) selama Masa Penyimpanan pada Pendingin Evaporatif. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (898kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jambu biji (Psidium guajava L) merupakan tanaman daerah tropis dengan ketinggian antara 5-1200 m dpl, namun dapat tumbuh di daerah sub tropis dengan intensitas curah hujan berkisar antara 1000-2000 mm per tahun dan merata sepanjang tahun (Parimin, 2005). Buah dan sayuran pada daerah tropis cepat mengalami kerusakan terutama disebabkan oleh kondisi suhu dan kelembaban lingkungan. Diperlukan penanganan pascapanen yang dapat memperpanjang umur simpan produk dan dapat mempertahankan mutu produk seperti alat pendingin evaporatif sebagai tempat penyimpanan. Ridwan (2008), menjelaskan pendingin evaporatif merupakan proses pelembaban dan penurunan suhu udara. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung laju perubahan mutu buah jambu biji merah selama masa penyimpanan pada suhu pendingin evaporatif dan suhu ruang, serta menganalisis perubahan sifat fisik buah jambu biji merah selama penyimpanan pada suhu pendingin evaporatif dan suhu ruang. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental. Penyimpanan dilakukan selama 12 hari pada suhu ruang (R1) dan suhu pendingin evaporatif (R2). Variabel yang diamati adalah efektifitas pendingin, suhu, kelembaban relatif, kadar air, susut bobot, kekerasan, kadar brix, perubahan warna (Lab). Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan persamaan kinetika reaksi. Hasil penelitian menunjukkan suhu rata-rata pada penyimpanan suhu ruang (R1) sebesar 29,88 o C dengan nilai RH 91,26% dan untuk penyimpanan suhu pendingin evaporatif (R2) sebesar 29,48 o C dengan nilai RH sebesar 75,70 %. Pengukuran efektifitas pendinginan diperoleh hasil sebesar 32,23 %. Berdasarkan laju perubahan mutu jambu biji merah, perlakuan penyimpanan pendingin evaporatif (R2) dapat mempertahankan mutu susut bobot dan kekerasan jambu biji merah. Sedangkan perlakuan suhu ruang (R1) dapat mempertahankan mutu kadar air, kadar brix dan warna (Lab) jambu biji merah selama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16365
Uncontrolled Keywords: Kinetika Reaksi, Jambu Biji, Pendingin Evaporatif, Sifat Fisik
Subjects: F > F413 Fruit Preservation
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:23
Last Modified: 13 Apr 2022 07:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15514

Actions (login required)

View Item View Item