Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Perbedaan Kemasan Plastik terhadap Kualitas Mutu Buncis (Phaseolus vulgaris L) selama Penyimpanan pada Suhu Rendah

NURHIDA, Dida (2016) Pengaruh Perbedaan Kemasan Plastik terhadap Kualitas Mutu Buncis (Phaseolus vulgaris L) selama Penyimpanan pada Suhu Rendah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (899kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buncis merupakan komoditas pertanian yang tidak tahan lama, mudah busuk dan cepat menurun kualitasnya. Kerusakan pada buncis seperti layu, memar, lecet kemudian busuk merupakan salah satu penyebab penurunan mutu. Hal tersebut dikarenakan kandungan air buncis yang tinggi sehingga mikroba pembusuk lebih mudah berkembang. Selain itu buncis juga sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan penyimpanan. Sehingga penting untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap mutu buncis. salah satu bentuk upaya untuk mempertahankan kualitas buncis adalah dengan penyimpanan pada suhu rendah dan dikemas menggunakan kemasan plastik. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah mengetahui pengaruh jenis kemasan plastik terhadap kualitas buncis dan megetahui jenis perlakuan kemasan yang tepat untuk mempertahankan mutu dari polong buncis. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Penyimpanan dilakukan dalam refrigator selama 10 hari dengan suhu penyimpanan 5 C dengan perlakuan tanpa kemasan (P0), kemasan plastik HDPE (P1), kemasan plastik LDPE (P2), kemasan plastik PP (P3), kemasan plastik strech film (P4). Variable yang diukur diantaranya adalah warna, kekerasan, kadar brix, kadar air, dan susut bobot pada buncis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratorium melalui pengukuran dan pengamatan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan persamaan kinetika reaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua perlakuan berpengaruh terhadap beberapa parameter mutu buncis, seperti perubahan warna, kekerasan, kadar brix, kadar air, dan susut bobot. Jenis perlakuan kemasan yang tepat untuk mempertahankan mutu pada buncis yaitu perlakuan dengan kemasan plastik PP (P3) untuk warna dari segi kecerahan (L), nilai kehijauan (a-) dan nilai kekuningan (b+). Nilai kekerasan buncis paling baik terdapat pada kemasan plastik HDPE (P1). Dan nilai kadar brix, kadar air, dan susut bobot pada buncis paling baik dipertahankan oleh kemasan plastik PP (P3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16376
Uncontrolled Keywords: Kemasan Plastik,Kualitas Mutu Buncis, Penyimpanan
Subjects: C > C532 Cold storage
V > V32 Vegetables Preservation
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:37
Last Modified: 13 Apr 2022 07:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item