SETIANINGTYAS, Dewi Safrina Eka (2016) Kepuasan Anggota Koperasi terhadap Kualitas Pelayanan KUD Aris di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (895kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (972kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan dari pengurus menjadi salah satu faktor dalam memajukan koperasi. Dengan semakin baiknya kualitas pelayanan maka secara tidak langsung membuat anggota puas terhadap kinerja pengurus koperasi itu. Kepuasan anggota adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan anggota dapat dipenuhi. KUD ARIS merupakan salah satu koperasi yang aktif di Kecamatan Banyumas dan dalam operasionalnya KUD Aris menunjang kebutuhan para anggotanya baik kebutuhan jasa ataupun kebutuhan produk. Keberadaan KUD ARIS diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anggota dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah pelayanan yang diberikan KUD Aris di Kabupaten Banyumas telah memuaskan anggota, dan (2) Mengetahui faktor pelayanan yang harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kepuasan anggota pada KUD Aris di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan Maret-April 2016, dengan sasaran pengurus dan anggota KUD ARIS di Kabupaten Banyumas. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sebanyak 91 orang dan pengambilan sampel yang menjadi responden menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelayanan unggul yang meliputi aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible oleh KUD Aris Banyumas belum memuaskan harapan anggota dengan ditunjukkan nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan kinerja sebesar 93,56 persen, (2) Aspek responsiveness merupakan aspek yang dinilai perlu diprioritaskan oleh anggota KUD Aris, aspek ini dinilai sangat penting oleh anggota KUD Aris tetapi kinerja yang diberikan kepada anggota KUD Aris belum memuaskan. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai tingkat kesesuaian dari aspek responsiveness yang berada pada kuadran I dalam diagram kartesius.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A16399 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Anggota Koperasi, Kualitas Pelayanan, Banyumas |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:28 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15564 |
Actions (login required)
View Item |