Kepuasan Anggota Koperasi terhadap Kualitas Pelayanan KUD Aris di Kabupaten Banyumas

SETIANINGTYAS, Dewi Safrina Eka (2016) Kepuasan Anggota Koperasi terhadap Kualitas Pelayanan KUD Aris di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (895kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (972kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan dari pengurus menjadi salah satu faktor dalam memajukan koperasi. Dengan semakin baiknya kualitas pelayanan maka secara tidak langsung membuat anggota puas terhadap kinerja pengurus koperasi itu. Kepuasan anggota adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan anggota dapat dipenuhi. KUD ARIS merupakan salah satu koperasi yang aktif di Kecamatan Banyumas dan dalam operasionalnya KUD Aris menunjang kebutuhan para anggotanya baik kebutuhan jasa ataupun kebutuhan produk. Keberadaan KUD ARIS diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anggota dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah pelayanan yang diberikan KUD Aris di Kabupaten Banyumas telah memuaskan anggota, dan (2) Mengetahui faktor pelayanan yang harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kepuasan anggota pada KUD Aris di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan Maret-April 2016, dengan sasaran pengurus dan anggota KUD ARIS di Kabupaten Banyumas. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sebanyak 91 orang dan pengambilan sampel yang menjadi responden menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelayanan unggul yang meliputi aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible oleh KUD Aris Banyumas belum memuaskan harapan anggota dengan ditunjukkan nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan kinerja sebesar 93,56 persen, (2) Aspek responsiveness merupakan aspek yang dinilai perlu diprioritaskan oleh anggota KUD Aris, aspek ini dinilai sangat penting oleh anggota KUD Aris tetapi kinerja yang diberikan kepada anggota KUD Aris belum memuaskan. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai tingkat kesesuaian dari aspek responsiveness yang berada pada kuadran I dalam diagram kartesius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16399
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Anggota Koperasi, Kualitas Pelayanan, Banyumas
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:28
Last Modified: 18 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15564

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year