NOVITA, Ika (2022) Implementasi Pendidikan Pembebasan di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Download (138kB) |
|
PDF (BabI)
BAB- I-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ika Novita-F1A018050_Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan pembebasan sebagai salah satu solusi mengatasi permasalahan pendidikan. Lokasi penelitian di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto, salah satu sekolah di Purwokerto yang menerapkan pendidikan pembebasan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive, disesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi pendidikan pembebasan di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto nampak dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pembuatan jadwal belajar dan peraturan serta sanksi dilakukan dengan diskusi bersama seluruh siswa dengan guru. Guru menjadi teman siswa baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan dinamisator bagi siswa agar tercipta suasana komunikatif dalam proses pembelajaran. Implementasi pendidikan pembebasan kerap kali mengalami berbagai hambatan, namun hambatan tersebut berhasil teratasi dengan berbagai solusi yang selalu diupayakan oleh guru dan pengurus. Hasil implementasi pendidikan pembebasan menunjukan membuat siswa lebih senang belajar dan berpengaruh pada perubahan sikap siswa lebih kearah positif. Kata kunci: Implementasi, pendidikan pembebasan, Qaryah Thayyibah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22135 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Pembebasan, Qaryah Thayyibah |
Subjects: | E > E186 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Ika Novita |
Date Deposited: | 19 May 2022 01:44 |
Last Modified: | 19 May 2022 07:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15856 |
Actions (login required)
View Item |