Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Mekanisme Mengisolasi Keunggulan Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas

WIWOHO, Gunarso (2020) Mekanisme Mengisolasi Keunggulan Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas. Doctoral thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1.Cover.pdf

Download (330kB)
[img] PDF (Legalitas)
2.Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (Abstrak)
3.Abstrak.pdf

Download (638kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (701kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendekatan teoritis baru dalam menciptakan kinerja pemasaran berkelanjutan pada UMKM, yaitu melalui konsep Mekanisme Mengisolasi Keunggulan Produk (Product Distinctive Isolating Mechanism), untuk meningkatkan efektivitas kemampuan adaptasi dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjembatani kesenjangan hasil penelitian mengenai kemampuan adaptasi dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Konsep mekanisme mengisolasi keunggulan produk (product distinctive isolating mechanism) merupakan konstruk baru yang merupakan integrasi dari konstruk sebelumnya seperti Distinctive Capability, Product Advantage dan Isolating Mechanism. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Batik di eks Karesidenan Kedu dan Banyumas atau tepatnya sebanyak 10 Kabupaten dan Kota, yang terdiri dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Cilacap. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 238 UMKM Batik.. Metode penarikan sampel probalistik (probability sampling) dengan teknik proportionate random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dan proporsional dari populasi. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan oleh peneliti meliputi analisis deskriptif, analisis validasi konstruk baru, dan analisis inferensi menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Hasil pengembangan konstruk baru Mekanisme Mengisolasi Keunggulan Produk dapat menghasilkan suatu metode pengukuran yang valid dan reliabel, 2.) Kemampuan adaptasi memberikan pengaruh positif terhadap mekanisme mengisolasi keunggulan produk, 3.) Mekanisme keunggulan produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, 4.) Kemampuan adaptabilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, 5.) Mekanisme mengisolasi keunggulan produk berpengaruh positif terhadap inovasi produk, 6.) Mekanisme mengisolasi keunggulan produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing produk, 7.) Inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, 8.) Keunggulan bersaing produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, 9.) Mekanisme mengisolasi keunggulan produk memediasi hubungan kemampuan adaptasi dan kinerja pemasaran. Temuan utama dalam penelitian ini adalah berhasil membuktikan bahwa konstruk baru yang dikembangkan yaitu Mekanisme Mengisolasi Keunggulan Produk mampu mengatasi kesenjangan hasil penelitian dari kemampuan adaptasi terhadap kinerja pemasaran UMKM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Nomor Inventaris: P313008
Uncontrolled Keywords: kemampuan adaptasi, mekanisme mengisolasi keunggulan produk, inovasi produk, keunggulan bersaing produk, kinerja pemasaran UMKM
Subjects: M > M80 Marketing
S > S399 Small business
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Mr Saino Saino
Date Deposited: 23 May 2022 02:17
Last Modified: 23 May 2022 02:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item