Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Layanan Parkir Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dalam Putusan Nomor : 211/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst

PERMATASARI, Alifira (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Layanan Parkir Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dalam Putusan Nomor : 211/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alifira Permatasari-E1A018124-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap konsumen adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat, karena masyarakat selalu berkaitan dengan kegiatan penggunaan barang atau jasa. Perlindungan terhadap konsumen di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan konsumen yang perlu diperhatikan salah satunya adalah perlindungan terhadap konsumen jasa layanan parkir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hilangnya kendaraan bermotor di suatu lahan perparkiran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Data yang diperoleh disajikan dengan teks naratif, dan metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa konsumen belum mendapatkan perlindungan hukum secara maksimal dalam hal keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dari pengelola maupun pengamanan parkir. Namun, dalam hal ganti kerugian, konsumen sudah mendapatkan ganti kerugian melalui klaim asuransi finance/leasing. Berdasarkan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 211/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst, majelis hakim tidak menggunakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sebagai dasar pertimbangan dalam membuat putusan akhir. Putusan akhir tersebut akan lebih lengkap jika hakim menambahkan ketentuan Pasal 4 huruf (a) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E22187
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Jasa Layanan Parkir
Subjects: C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Alifira Permatasari
Date Deposited: 30 May 2022 01:01
Last Modified: 30 May 2022 01:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16163

Actions (login required)

View Item View Item