HUSNIRACHMAN, Allan (2022) An Analysis of Writing Exercises in "Pathway to English" Textbook Using Higher Order Thinking Skill (A Content Analysis for the 10th Grade of Senior High School Academic Year 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Download (232kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Download (317kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2023. Download (233kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2023. Download (481kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2023. Download (234kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 14 June 2023. Download (214kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Download (231kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Allan Husnirachman-J1E015032-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “An Analysis of Writing Exercises in “Pathway to English” Textbook Using Higher Order Thinking Skill (A Content Analysis for the 10th Grade of Senior High School Academic Year 2020/2021)” ini bertujuan untuk menganalisis distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam latihan soal menulis di buku “Pathway to English” untuk siswa kelas 10 tahun ajaran 2020/2021 . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh latihan soal menulis pada buku “Pathway to English”. Data yang dikumpulkan adalah data dari analisis data dalam buku teks. Hasil penelitian yaitu distribusi latihan soal menulis, jenis latihan soal menulis, dan distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam latihan soal menulis. Ada 58 latihan soal menulis total 232 latihan soal di buku. Distribusi jenis latihan soal menulis dijabarkan sebagai berikut: 5% menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik, 26% menyelesaikan teks atau kalimat, 40% menulis kalimat yang berhubungan dengan tata bahasa, 22% menulis teks fungsional pendek, dan 7% mengembangkan kosakata menjadi kalimat. Distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi dijabarkan sebagai berikut: 43% latihan soal menulis dengan keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) dan 57% latihan soal menulis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa latihan soal menulis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) memiliki lebih banyak latihan soal daripada tingkat yang lebih rendah (LOTS) dan proses kognitif yang digunakan adalah menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Proses kognitif sejalan dengan kurikulum 2013 yang membuat siswa berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22101 |
Uncontrolled Keywords: | Studi Kualitatif Deskriptif, Buku Ajar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Latihan Soal Menulis |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Allan Husnirachman |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:40 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16315 |
Actions (login required)
View Item |