AULIYADINA, Nafira (2022) Tuturan Imperatif dalam Video Tutorial Make Up ke Sekolah Ala Tasya Farasya dan Relevansinya pada Pembelajaran Teks Prosedur di SMA. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022_compressed.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 June 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 June 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 June 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022_compressed.pdf Restricted to Repository staff only until 15 June 2023. Download (46kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 June 2023. Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-NAFIRA 'AULIYADINA-J1D016028-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tuturan imperatif dalam video tutorial make up ke sekolah. Selain penonton Tasya Farasya berasal dari latar belakang yang berbeda- beda, sehingga dibutuhkan pembahasan dan pemahaman tentang tuturan imperatif atau perintah yang digunakan dalam video tersebut. Penulis memilih analisistuturan imperatif sebagai bahan penelitian karena Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tuturan imperatif dalam video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya di Youtube, dan (2) untuk mendeskripsikan kesesuaian video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya di Youtube sebagai bahan ajar teks prosedur di SMA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dari berupa tuturan imperatif yang berada di video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya. Data kualitatif diperoleh dengan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat serta teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Pilah Unsur Penentu (PUP) dan Hubungan Banding Menbedakan (HBB), kemudian penyajian data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya menggunakan lima macam kalimat imperatif; kalimat imperatif permintaan paling banyak digunakan dalam video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya; yang terdiri atas 7 tuturan imperatif ajakan dan harapan, 4 tuturan imperatif larangan, 3 tuturan impearitf dan suruhan biasa, 3 tuturanimperatif halus, 1 tuturan imperatif permintaan; (2) video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya memiliki relevansi dengan pembelajaran teks prosedur di SMA; video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya memiliki struktur dan syarat sesuai dengan pembelajaran teks prosedur, semua struktur dan kaidah kebahasan dalam teks prosedur; terdapat dalam video tutorial make up ke sekolah ala Tasya Farasya hanya saja menggunakan gaya bahasa nonbaku. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini sudah tepat untuk pembelajaran sehingga dapat mempermudah siswa dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22121 |
Uncontrolled Keywords: | tujuan, imperatif, video, tutorial, sekolah |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs NAFIRA AULIYADINA |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 04:37 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 04:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16330 |
Actions (login required)
View Item |