WARDONI, Ilham (2022) ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELINCI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SATE KELINCI DI LOKAWISATA BATURRADEN. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER - Ilham Wardoni - P2D020007 - TESIS - 2022.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_-_Ilham_Wardoni_-_P2D020007_-_Tesis_-_2022[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab1)
BAB I - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Ilham Wardoni - P2D020007 - Tesis - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saluran pemasaran merupakan kunci dari keberhasilan agribisnis kelinci baik harga pedaging, bibit maupun hias. Kelinci jenis pedaging memiliki potensi sebagai penghasil daging konsumsi karena kandungan protein yang tinggi dan kadar lemak yang rendah sehingga perlu dipasarkan ke masyarakat secara luas. Tujuan riset ini untuk mengetahui dan menganalisis jalur pemasaran kelinci, margin pemasaran kelinci pedaging dan strategi pengembangan UMKM sate kelinci di lokawisata Baturraden. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2022. Penelitian bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, daftar pertanyaan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis Farmer’s Share, analisis Strenghth, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan analisis Businnes Model Canvas BMC. Hasilnya membuktikan bahwa terdapat tiga jenis bentuk pemasaran kelinci dan terdapat empat jalur pemasaran kelinci pada bentuk harga pedaging. Nilai Farmer’s Share paling efisien pada saluran kedua yaitu sebesar 66,66 persen. Analisis SWOT IFAS bernilai 2,572 dan EFAS bernilai 2,658 sehingga posisi UMKM Sate Kelinci lokawisata Baturraden berada di posisi V (Hold and Maintain). Strategi Strengths dan Opportunities yang paling besar yaitu 3,444 meliputi pemandangan alam yang menarik dapat menjadi kekuatan utama, cita rasa enak dan kandungan protein tinggi dapat manambah minat beli konsumen yang memiliki gaya hidup sehat dan potongan harga dapat menambah jumlah pesanan. Analisis bisnis model kanvas perlu perbaikan pada elemen key activity, customer relationship dan revenue stream. Kata kunci: Saluran pemasaran, Margin pemasaran, SWOT, BMC.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222106 |
Uncontrolled Keywords: | Saluran pemasaran, Margin pemasaran, SWOT, BMC. |
Subjects: | A > A1 Abacus |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Agribisnis |
Depositing User: | Mr ILHAM WARDONI |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 07:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 07:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16564 |
Actions (login required)
View Item |