SIAHAAN, Joseph Dapot Parulian (2022) Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Sumatera Utara pada Objek Wisata Danau Toba. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Joseph Dapot Parulian Siahaan-F1C017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Download (177kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2023. Download (221kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2023. Download (255kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2023. Download (201kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Download (163kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Joseph Dapot Parulian Siahaan-FIC017018-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
Abstract
Reputasi Danau Toba yang mendunia tidak cukup sebagai pendorong keberhasilan perkembangan pariwisata di Kabupaten Toba. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang mengkaji strategi promosi pariwisata beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif untuk memaparkan strategi promosi pariwisata di Kabupaten Toba. Teknik penarikan data menggunakan wawancara dengan informan dan studi dokumentasi dengan metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba telah mengimplementasikan 4 dari 7 aspek pemasaran social (producers, purchasers, product, promotion), telah menganut teori bauran pemasaran, serta cenderung menerapkan push and pull strategy dalam mempromosikan kepariwisataan, melalui pendekatan digital yang diharapkan dapat menjangkau pasar wisata yang lebih meluas dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Faktor pendukung strategi promosi antara lain adanya extra effort pemerintah dalam memulai publikasi rangkaian kegiatan melalui beberapa bentuk media sosial serta melek konsumen dimana sudah dimulainya pemetaan golongan wisatawan dalam pemilihan media yang tepat. Faktor penghambat strategi promosi antara lain masih kurangnya kesiapan sarana dan prasarana wisata, konten media yang belum fokus terhadap destinasi wisata, serta belum adanya branding secara digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22180 |
Uncontrolled Keywords: | Kabupaten Toba, Strategi Promosi Pariwisata, SWOT |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr JOSEPH DAPOT PARULIAN SIAHAAN |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 00:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 00:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16602 |
Actions (login required)
View Item |