FRANTONI, Rizky (2017) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Jasa Parkir yang Dikelola oleh PT Dinamika Mitra Pratama Jakarta Selatan Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2902 K/Pdt/2011). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (136kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Salah satu contoh dari perlindungan tersebut yaitu perlindungan terhadap konsumen jasa parkir. Penyedia jasa layanan parkir yaitu penyedia tempat untuk menerima penghentian atau penaruhan (kendaraan bermotor) untuk beberapa saat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaku usaha penyedia jasa parkir tidak mau memberikan tanggung jawab ganti kerugian kepada konsumen karena kelalaiannya dalam perkara Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2902 K/Pdt/2011. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan ini adalah yuridis normative dengan pendekatan perundang-undangan. Spesikasi penelitian menggunakan penelitian deskriptif analitis, menggunakan sumber data sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan teori hukum, dengan model penyajian data secara sistematis, logis dan rasional. Hasil penelitian terhadap Putusan Mahkamah Agung tersebut adalah Putusan Mahkamah Agung sudah sesuai, karena pelaku usaha dinyatakan melakukan wanprestasi dan diharuskan untuk mengganti kerugian yang diderita konsumen. tanggung jawab ganti kerugian oleh pelaku usaha terhadap konsumen harus sesuai dengan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang didalamnya mengatur mengenai tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E17085 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Penyedia Jasa Parkir, Ganti Kerugian |
Subjects: | C > C792 Consumer protection L > L75 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Sri Handayani |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 08:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |