Analisis Perilaku Konsumsi Masyarakat Terhadap Barang Virtual di dalam Game Online Moba Berdasarkan Teori Nilai Konsumsi

AFIFUDIN, Naufal (2022) Analisis Perilaku Konsumsi Masyarakat Terhadap Barang Virtual di dalam Game Online Moba Berdasarkan Teori Nilai Konsumsi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 August 2023.

Download (320kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 August 2023.

Download (332kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2023.

Download (339kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Naufal Afifudin - C1A017095 - Skripsi - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Barang virtual pada game online meliputi pakaian, senjata, kosmetik dan berbagai aksesoris lainya untuk karakter didalam game online. Pemain untuk memperolehnya harus membelinya menggunakan uang tunai, uang digital atau pulsa elektronik melalui in game sales, situs – situs penyedia dan pemasok. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi karakter, utilitas harga, kualitas fungsional, ekspresi citra diri, hubungan sosial, keceriaan dan estetika terhadap perilaku konsumsi barang virtual pada game online moba. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat umum yang bermain game online moba di smartphone dan diambil sampel berjumlah 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) seluruh variabel indepneden yang terdiri dari dari kompetensi karakter, utilitas harga, kualitas fungsional, ekspresi citra diri, huungan sosial, keceriaan dan estetika berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi barang virtual pada game online MOBA dan (2) variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap perilaku konsumsi barang virtual pada game online MOBA adalah Hubungan sosial. Implikasi pada penelitian ini adalah pengembang game online diharapkan dapat meningkatkan kualitas barang virtualnya dengan cara meningkatkan unsur nilai fungsional, unsur nilai sosial dan nilai emosional dengan tetap mempertahankan lingkungan bermain yang adil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22302
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumsi, Barang Virtual, Game Online
Subjects: C > C793 Consumers
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Naufal Afifudin
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:11
Last Modified: 10 Aug 2022 07:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year