SUKOCO, Hendro (2022) Minat untuk Terus Menggunakan Media Sosial sebagai Alternatif Media Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Download (110kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2023. Download (199kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2023. Download (331kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2023. Download (143kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Download (73kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hendro Sukoco-C2C020044-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei pada pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas. Penelitian ini mengambil judul “Minat Untuk Terus Menggunakan Media Sosial Sebagai Alternatif Saluran Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Banyumas)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa minat UMKM untuk terus menggunakan media sosial sebagai salah satu saluran pemasaran yang dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM di Kabupaten Banyumas yang tergabung dalam ASPIKMAS (Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Banyumas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equaton Modelling) menunjukkan bahwa persepsi manfaat media sosial memiliki peranan paling tinggi dalam membuat UMKM berminat untuk terus menggunakan media sosial sebagai saluran pemasarannya. Kemampuan media sosial dan tingkat kepercayaan juga akan mendorong pandangan UMKM terhadap media sosial, yang jika memiliki respon yang baik maka minat untuk terus menggunakannya juga akan semakin tinggi. Implikasi dari penelitian ini bagi UMKM diantaranya perlu untuk konsisten mengikuti perkembangan media sosial dan terus menggunakananya untuk pemasaran produk dan jasa. Implikasi bagi pemerintah daerah atau pembuat kebijakan antara lain perlu mengadakan pelatihan bagi UMKM agar meningkatkan kemampuan penggunaan dan membuat aturan yang memudahkan UMKM dalam hal pemasaran dan permodalan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222130 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Media Sosial, UMKM, Minat Untuk Terus Menggunakan Media Sosial |
Subjects: | M > M80 Marketing S > S399 Small business |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Hendro Sukoco |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 01:36 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 01:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17193 |
Actions (login required)
View Item |