HUTABALIAN, Nanda Diksen Sandes (2017) Analisis Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean pada Billing Online di KPU Bea dan Cukai tipe a Tanjung Priok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (BabII)
bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (BabIII)
bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
PDF (BabIV)
bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
||
PDF (BabV)
bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (138kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk menguji kesuksesan sistem Billing Online di Lingkungan KPU BC Tanjung Priok. Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean Pada Billing Online di Lingkungan Kantor Pelayanan Utama Tipe A Tanjung Priok”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna dan pengaruh kepuasan pengguna terhadap manfaat bersih yang didapat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna yang menggunakan sistem Billing Online dalam melakukan proses pembayaran kewajiban kepabeanan dan cukai. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah responden yang terkumpul dalam penelitian ini adalah 97 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean menunjukkan bahwa: (1) Kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; (2) Kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; (3) Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; (4) Kepuasan pengguna berpengaruh terhadap manfaat bersih yang didapat. Implikasi hasil penelitian ini, pengelola sistem Billing Online dapat melakukan upaya peningkatan kepuasan pengguna dengan meningkatkan kualitas sistem dan kualitas informasi antara lain dengan melakukan simplifikasi tampilan dan opsi-opsi yang terdapat dalam sistem, pembentukan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tim khusus yang memiliki tanggung jawab apabila terjadi sistem error pada sistem Billing Online, serta pelaksanaan sosialisasi terkait penggunaan sistem kepada pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C17427 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi; Kinerja Perusahaan; Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | C > C1020 Customer services D > D18 Data processing Information systems P > P144 Performance standards |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 01:34 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 01:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1733 |
Actions (login required)
View Item |