ROMADHON, Dwi febrianto (2022) Kinerja Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desq Bokol Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Download (58kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.docx.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (65kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (206kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (89kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022.pdf Download (43kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
10. Daftar Pustaka-Dwi Febrianto Romadhon-F1B016044-Skripsi-2022-1.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja Pelakasanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Bokol. Metode penelitian yang dipakai penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sasaran penelitian yakni pengurus, PAMSIMAS Desa Bokol, dan masyarakat sebagai pengguna. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode Analisis data menggunakan analisis interaktif dan analisis diagram fishbone. Sementara validasi data menggunakan triangulasi data sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan beberapa poin kesimpulan. Pertama, aspek produktivitas, pengurus program PAMSIMAS di Desa Bokol Kecamatan Kemangkon mampu memberi kepastian waktu dan kecermatan melayani masyarakat sekaligus dalam hal pelayanannya sesuai dengan prosedur. Hal ini terlihat dari perkembangan program yang berjalan baik dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang terlayani termasuk masyarakat yang berpendapat rendah di Desa Bokol yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelenjutan dan juga penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat yang semakin baik. Aspek responsivitas, pengurus program PAMSIMAS di Desa Bokol Kecamatan Kemangkon mampu merespon setiap warga yang ingin mendapatkan pelayanan dan melakukan pelayanan dengan tepat dan cepat, ditambah para pengurus juga merespon keluhan pelanggan dengan baik. Hal ini tidak lepas dari tingkat kepatuhan yang baik ditambah respon dari pelaksana kebijakan maksimal sehingga pengimplementasian Program PAMSIMAS terlaksana dengan baik dan juga optimal. Aspek akuntabilitas, pengurus dalam program PAMSIMAS di Desa Bokol Kecamatan Kemangkon mampu memberikan pelayanan adil kepada masyarakat dengan mendahulukan kepentingan warga seperti kejelasan informasi biaya, waktu dan prosedur pelayanan. Hal ini terlihat dari pengambilan keputusan dan wewenang yang diberikan pada pengurus dijalankan dengan orang-orang yang sesuai. pengambilan keputusan selalu dikordinasikan kepada stakeholders khususnya warga Desa Bokol sebagai penerima manfaat, yang mana pengurus bekerja mampu bersikap adil dan bekerja sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada dan keputusan yang diambil tentu untuk kepentingan bersama Kata kunci: Kinerja, Penyediaan Air Minum, Desa Bokol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22302 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Penyediaan Air Minum, Desa Bokol |
Subjects: | H > H375 Hygiene Public health Sanitation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr DWI FEBRIANTO ROMADHON |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:27 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17534 |
Actions (login required)
View Item |