Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penggunaan Media Baru dalam Upaya Adaptasi HAFECS Membangun Keterampilan Mengajar Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus Penggunaan Platform GuruInovatif.id oleh HAFECS Indonesia)

RIZQI, Aulia Jofial (2022) Penggunaan Media Baru dalam Upaya Adaptasi HAFECS Membangun Keterampilan Mengajar Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus Penggunaan Platform GuruInovatif.id oleh HAFECS Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf

Download (930kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-F1C018022-Aulia Jofial Rizqi-Ilmu Komunikasi-UNSOED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Highly Functioning Education Consulting Services (HAFECS) merupakan lembaga konsultan pendidikan khususnya untuk guru dalam kegiatan pengajaran di kelas. HAFECS menawarkan sesi pelatihan yang dapat diikuti secara offline. Namun, pandemi Covid-19 mengharuskan HAFECS untuk beradaptasi dengan beralih format sesi pelatihan dari offline menjadi online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara HAFECS mempertahankan keberlangsungan sesi pelatihanannya dengan menggunakan media baru untuk beradaptasi atas kondisi pandemi khususnya dalam menggunakan platform GuruInovatif.id. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan New Media Theory dan Social Information Processing Theory (SIP) sebagai teori yang membantu peneliti untuk mengkaji hasil penelitian yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, interview mendalam, dan dokumentasi. Interview atau wawancara dilakukan dengan 6 (enam) informan yang terdiri dari 3 (tiga) orang berasal dari kelompok trainer, dan 3 (tiga) orang dari kelompok peserta training. Kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat 6 (enam) sesi pelatihan yang dilaksanakan melalui 7 (tujuh) media yakni, website, WhatsApps, Zoom, Telegram, Youtube, Instagram dan Google Form. Interaksi selama sesi pelatihan online berlangsung dua arah, namun terdapat kendala yang menghambat keberlangsungan sesi yakni berkaitan dengan jaringan internet. HAFECS dan GuruInovatif.id juga memformulasikan format baru pelatihan yakni dengan membuat sesi hybrid untuk mempertahankan jangkauan agar tetap luas, sekaligus mempertahankan pertukaran isyarat sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22294
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Sesi Pelatihan Online, Media Baru
Subjects: I > I258 Internet in education
T > T53 Teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Aulia Jofial Rizqi
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:43
Last Modified: 23 Aug 2022 01:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17587

Actions (login required)

View Item View Item