Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Publik melalui SI GEULIS pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis

FAUZIAH, Laili (2022) Inovasi Pelayanan Publik melalui SI GEULIS pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Laili fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-1-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Laili Fauziah-F1B018019- Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Laili Fauziah-F1B018019-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Inovasi Pelayanan Publik Melalui Si Geulis Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Pasca berlakunya undang- undang Cipta Kerja beserta turunannya bahwa Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, pemerintah berupaya untuk memberikan kepastian hukum dalam berusaha, meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha serta menjaga kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis ingin menyelesaikan suatu permasalahan yang selama ini menurut masyarakat perlu untuk diperbaiki yaitu bahwa keterjangkauan pelayanan perizinan belum optimal. Dan untuk menjawab permasalahan publik Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis membuat Inovasi Si Geulis “Selesaikan Izin Di Gerai Untuk Layanan Izin Ciamis” sebagai bentuk untuk mempercantik kegiatan usahanya agar semakin percaya diri dalam menjalankan usahanya serta meyakinkan pihak lain yang akan membantu dalam pembangunan usahanya. Inovasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Inovasi pelayanan publik yang ada di Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif sedangkan untuk teknik pemilihan informannya menggunakan purposive sampling pemilihan informan yang benar- benar mengerti tentang informasi objek penelitian dan informan yang dapat dipercaya sebagai sumber data yang berkompeten. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam menjamin keabsahan data yang digunakan yaitu teknik tringulasi dengan dua sumber menggunakan model analisis interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Hughes, Moore dan Kataria dimana terdapat 4 dimensi untuk melihat inovasi pelayanan publik melalui Si Geulis ini diantaranya Innovation Activity, Innovation Capability, Impact, Wider Sector Condition For Innovation. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik melalui Si Geulis pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari aspek Innovation Capability bahwa Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis meluncurkan suatu inovasi Si Geulis untuk mengatasai permasalahan pelayanan yang menurut masyarakat belum optimal, sehingga munculah peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Gerai Pelayanan Perizinan Ciamis. Selanjutnya aspek Innovation Capability bahwa kemampuan kinerja organisasi saat ini sangat berperan penting terhadap jalannya suatu inovasi dan para tenaga kerja dituntut untuk menguasai apapun jenis pelayananya dengan berjalannya suatu program tentunya terdapat hambatan- hambatan yang harus segera diatasi supaya program bisa berjalan dengan baik, kemudian aspek Impact dengan adanya dampak tentunya, memiliki hasil dari setiap kegiatan yang berlangsung, dan dampak yang dirasakan setelah adanya Si Geulis ini memberikan dampak yang positif dari sisi organisasi bahkan masyarakat (UMKM), dengan inovasi yang berjalan tentunya terdapat Kendala, akan tetapi kendala ini terkadang dijadikan kualitas yang menjadi tolak ukur dari keberhasilan suatu inovasi pada pelayanan publik. Selanjutnya Wider Sctor Conditions For Innovation kepemimpinan sangat mendorong terhadap jalannya inovasi si Geulis ini, Kemudian inovasi Si Geulis ini melimpahkan kewenangan kepada tujuh kecamatan yang diharapkan bisa mengarahkan masyarakat (UMKM) dalam pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha), dan sejauh ini pihak Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis, dan Kecamatan selalu mengadakan koordinasi kepada masyarakat terkait Inovasi Si Geulis ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22244
Uncontrolled Keywords: Inovasi Si Geulis, Pelayanan Publik, UMKM.
Subjects: C > C652 Community services
T > T65 Technological innovations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Laili Fauziah
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:20
Last Modified: 29 Aug 2022 07:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17874

Actions (login required)

View Item View Item