ATIKA, Atika (2022) Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Belanja Generasi Z Pada Perilaku Pembelian Impulsif Di Pasar Malam (Studi Di Desa Jemaras Lor) Yang Dimediasi Oleh Variabel Positive Emotions. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Download (168kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2023. Download (84kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2023. Download (210kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2023. Download (166kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Download (107kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Atika-C2C020041-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada konsumen di pasar malam Desa Jemaras Lor. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Keterlibatan Fashion, dan Gaya Hidup Belanja Genarasi Z Pada Perilaku Pembelian Impulsif di Pasar Malam (Studi di Desa Jemaras Lor) yang di Mediasi oleh Variabel Positive Emotion”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis, keterlibatan fashion, dan gaya hidup belanja dalam mempengaruhi pembelian impulsif yang di mediasi oleh variabel positive emotion. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung di pasar malam Desa Jemaras Lor. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 106 responden. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 22 software dengan analisis regresi berganda menggunakan uji sobel test melalui bantuan dari Daniel Soper secara online. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh motivasi belanja hedonis, keterlibatan fashion dan gaya hidup belanja berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif. Selanjutnya variabel keterlibatan fashion, dan gaya hidup belanja berpengaruh positif terhadap variabel positive emotion sebagai variabel mediasi tanpa melalui variabel motivasi belanja hedonis. Sehingga terbukti bahwa variabel positive emotion hanya memediasi variabel antara keterlibatan fashion, gaya hidup belanja dalam mempengaruhi perilaku pembelian impulsif tanpa memediasi variabel motivasi belanja hedonis. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu mayoritas pengunjung lebih dominan perempuan di banadingkan laki-laki pada usia kisaran 16-20 tahun baik di Kalangan Mahasiswa, siswa-siswi sekolah, maupun anak-anak yang tidak berstatus Pendidikan. Pasar malam di Desa Jemaras Lor dominan lebih banyak fashion anak muda jaman sekarang yang berarti akan mendorong generasi muda untuk mulai menumbuhkan rasa keteratrikan pada pusat perbelanjaan. Penjualan di Pasar malam Desa Jemaras Lor akan lebih baik jika menyediakan aneka jenis penjualan demi upaya meningkatkan dan melestarikan pasar tradisonal bertemakan pasar malam sehingga pembeli atau konsumen tidak hanya berfokus pada pembelian fashion.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222172 |
Uncontrolled Keywords: | Pasar Malam, Motivasi Hedonis, Fashion, Gaya Hidup, Pembelian Impulsif |
Subjects: | H > H305 Human behavior P > P668 Purchasing |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Atika Atika |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17889 |
Actions (login required)
View Item |