Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Komparasi dan Hubungan Karakteristik Lingkungan Sosial dengan Efektivitas Kebijakan Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP-SD) di Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo

ISLAMIYATI, Dian (2022) Analisis Komparasi dan Hubungan Karakteristik Lingkungan Sosial dengan Efektivitas Kebijakan Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP-SD) di Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf

Download (284kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2023.

Download (440kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2023.

Download (592kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2023.

Download (738kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf

Download (410kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dian Islamiyati-F1B018062-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan pendidikan di Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan nasional dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu kebijakan pendidikan yang dilaksanakan Pemerintah adalah program untuk meringankan kebutuhan pendidikan siswa dari keluarga rentan miskin, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP). Dalam implementasinya, PIP tidak lepas dari permasalahan yang mempengaruhi efektivitas program, salah satunya adalah karakteristik lingkungan sosial. Hal ini dikarenakan berbagai indikator efektivitas PIP hanya mampu dicapai dengan baik apabila sasaran program memiliki karakteristik lingkungan sosial yang mendukung pendidikan. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas PIP-SD pada dua kelompok sasaran, serta untuk mengetahui hubungan karakteristik lingkungan sosial dengan efektivitas kebijakan PIP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik non parametrik. Lokasi penelitian di Kecamatan Garung, dengan responden orang tua siswa penerima PIP di SD N 1 Garung dan SD N Larangan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan uji hipotesis pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu uji beda dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan efektivitas PIP-SD pada dua kelompok sasaran di Kecamatan Garung yang ditandai dengan nilai signifikansi Asymp. Sig.(2-tailed) pada uji u mann whitney sebesar 0,000<0,1 (taraf signifikansi). Selain itu juga terdapat hubungan antara karakteristik lingkungan sosial dengan efektivitas kebijakan PIP-SD di Kecamatan Garung yang ditandai dengan nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,1. Hubungan kedua variabel cukup kuat dan searah karena menunjukkan nilai koefisien korelasi bertanda positif sebesar 0,684. Sehingga apabila karakteristik lingkungan sosial semakin baik maka pencapaian efektivitas PIP juga akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22364
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kebijakan, Indonesia Pintar, Lingkungan Sosial
Subjects: E > E69 Education
G > G193 Government policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Dian Islamiyati
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:40
Last Modified: 15 Nov 2022 07:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item