Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Literatur Review Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Indonesia

SITANGGANG, Nadya D (2022) Literatur Review Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022.pdf.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2023.

Download (157kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2023.

Download (163kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2023.

Download (146kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadya D. Sitanggang-I1A016026-Skripsi-2022-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

ABSTRAK LITERATURE REVIEW PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DI INDONESIA Nadya D. Sitanggang1, Budi Aji2, Aisyah Apriliciciliana A3 Latar belakang: Pelayanan kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Pelayanan yang bermutu merupakan salah satu syarat pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat tercapai jika mutu pelayanan suatu instansi itu baik. Mutu pelayanan kesehatan menjadi ukuran kepuasan pasien dilihat dari dimensi tangiables reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap rumah sakit yang berada di Indonesia. Metodologi: Desai penelitian yang digunakan adalah literatur review. Database yang digunakan adalah google scholar dan Garuda dengan menggunakan kata kunci dan kriteria inklusi waktu penerbitan 2016–2021, fulltext, rumah sakit yang berada di Indonesia, berkaitan dengan topik, dan berbahasa Indonesia atau bahasa inggris. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data sekunder. Hasil penelitian: berdasarkan 9 artikel yang dilakukan literatur pada dimensi Bukti Fisik terdapat delapan dari sembilan artikel yang menyatakan terdapat hubungan, pada dimensi Kehandalan semua artikel menyatakan terdapat hubungan, pada dimensi Ketanggapan delapan dari sembilan artikel yang menyatakan terdapat hubungan, pada dimensi Jaminan delapan dari sembilan artikel yang menyatakan terdapat hubungan, dan pada dimensi empathy semua artikel menyatakan terdapat hubungan. Kesimpulan: terdapat hubungan antara dimensi tangiables reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan kepuasan pasien rawat inap rumah sakit. 1Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKes Universitas Jendral Soedirman 2Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKes Universitas Jendral Soedirman ABSTRACK LITERATURE REVIEW OF THE EFFECT QUALITY OF HEALTH SERVICES ON PATIENT SATISFACTION INPATIENT HOSPITALS IN INDONESIA Nadya D. Sitanggang1, Budi Aji2, Aisyah Apriliciciliana A3 Background: Health services are very important to create a healthy society. Quality service is one of the requirements of health services. Patient satisfaction can be achieved if the service quality of an institution is good.quality of health services is a measure of patient satisfaction seen from the dimensions of tangibles reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This study aims to determine the effect of the quality of health services on the satisfaction of inpatients at the hospitals in Indonesia. Methodology: The research design used was a literature review. The databases used are Google Scholar and Garuda with using keywords and inclusion criteria at the time of publication 2016–2021, full text, hospitals located in Indonesia, related to the topic, and in Indonesian or English. The data source used is a secondary data source. Result: based on 9 articles carried out by the literature on the tangibles dimension, eight out of nine articles stated that there was a relationship, on the Reliability dimension all articles stated that there was a relationship, on the Responsiveness dimension eight of nine articles stated that there was a relationship, on the Assurance dimension eight out of nine. articles that state that there is a relationship, and on the empathy all articles state that there is a relationship. Conclusion: there is a relationship between the dimensions of tangiables reliability, responsiveness, assurance, and empathy with hospital inpatient satisfaction. 1Pulic Health Departemen Faculty of Health Science, Jendral Soedirman University 2Pulic Health Departemen Faculty of Health Science, Jendral Soedirman University

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I22241
Subjects: C > C647 Community health services
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mrs Nadya D Sitanggang
Date Deposited: 22 Nov 2022 00:38
Last Modified: 22 Nov 2022 00:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item