NUR, Ibrahim Muhammad (2022) Perlindungan Hukum Merek Terdaftar Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (Studi Putusan Nomor 2/Pdt.Sus.HKI/Merek/2020/PN Niaga Mdn). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Download (51kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Download (172kB) |
|
PDF (BabI)
BABI-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2023. Download (148kB) |
|
PDF (BabII)
BABII-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2023. Download (282kB) |
|
PDF (BabIII)
BABIII-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2023. Download (47kB) |
|
PDF (BabIV)
BABIV-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (BabV)
BABV-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Download (108kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTARPUSTAKA-IbrahimMuhammadNur-E1A017197-Skripsi-2022..pdf Download (178kB) |
Abstract
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan hak untuk melindungi kekayaan yang timbul dari olah pikir manusia. HKI yang melekat pada suatu karya sangat penting untuk dilindungi. HKI terdiri dari beberapa bagian salah satu bagiannya adalah merek. Merek sangat penting bagi pelaku usaha dalam dunia periklanan dan pemasaran yang nantinya dapat menimbulkan keuntungan secara komersial. Pendaftaran merek sebagai salah satu upaya perlindungan hukum bagi pemilik merek. Persaingan usaha yang semakin meningkat menyebabkan terjadinya kecurangan dengan meniru merek orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap merek terdaftar “Goat Brand” dalam Putusan Nomor 2/Pdt.sus/Merek/2020/PN Niaga Mdn ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, kemudian data yang diperoleh disajikan dalam bentuk teks naratif dan metode analisis data yang digunakan yaitu metode normatif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa upaya perlindungan hukum merek “Goat Brand” milik Penggugat dalam Putusan Nomor 2/Pdt.sus/Merek/2020/PN Niaga Mdn. telah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Merek “2 Kambing” milik Tergugat telah terbukti memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek “Goat Brand” atau ”Merek Kambing” milik Penggugat serta terdapat unsur itikad tidak baik. Akibat hukum terhadap Merek “2 Kambing” milik Tergugat yakni Turut Tergugat mencabut Hak atas Merek “2 Kambing” dan mencoret Merek tersebut dari Daftar Umum Merek serta diumumkan dalam Berita Resmi Merek oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E22383 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Merek Terdaftar, Pembatalan Merek |
Subjects: | B > B337 Brand name products C > C851 Copyright L > L106 Legal aid |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Ibrahim Muhammad Nur |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18893 |
Actions (login required)
View Item |