Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi yang tercatat di BEI)

WIBOWO, Nurcahyo (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi yang tercatat di BEI). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2023.

Download (215kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2023.

Download (362kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2023.

Download (470kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurcahyo Wibowo-C1C018013-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Dunia bisnis berkembang di era sekarang dan membuat para perusahaan untuk mempunyai strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Seperti meningkatkan mutu produk hingga meningkatkan pelayanan perusahaan, akan tetapi ada salah satu strategi yang dapat dipilih oleh para pemegang kepentingan perusahaan adalah dengan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). CSR juga memiliki manfaat lain bukan hanya untuk perusahaan terkait saja, melainkan juga untuk ikut mensejahterakan siapa saja yang terkait dengan maupun tidak terhadap aktivitas perusahaan. Program yang diadakan oleh perusahaan dalam CSR cukup bervarian antara lain dalam bidang lingkungan, bidang Kesehatan, bidang pendidikan, hingga pada produk perusahaan tersebut diharapkan dapat bermanfaat terhadap kesejahteraan siapapun yang ada di sekitar perusahaan tersebut. Pada penelitian ini judul yang diambil adalah “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada perusahaan asuransi yang tercatat di BEI pada periode 2017-2020 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui antara lain : (1) Apakah ukuran perusahaan mempengaruhi pengungkapan CSR pada perusahaan asuransi yang tercatat di BEI ; (2) Apakah kinerja keuangan mempengaruhi pengungkapan CSR pada perusahaan asuransi yang tercatat di BEI ; (3) Apakah pertumbuhan perusahaan mempengaruhi pengungkapan CSR pada perusahaan asuransi yang tercatat di BEI ; (4) Apakah varibel kinerja keuangan yang paling berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan asuransi yang tercatat di BEI. Penelitian ini menggunakan teori agensi yang diperkenalkan oleh Michael Jensen dan William Meckling pada tahun 1976 dan teori legitimasi yang diperkenalkan oleh Dowling pada tahun 1975. Pada teori dijelaskan antara hubungan kedua pihak yang terlibat dalam perusahaan yaitu antara stakeholder dan para manajer hubungan kedua pihak ini biasanya dipenuhi oleh konflik yang selalu timbul dikarenakan tumbuhnya rasa perbedaan dalam kepentingan, dan teori legitimasi yang menjelaskan tentang dasaran bahwa perusahaan diharapkan untuk melakukan aktivitas yang dimana pelaksanaannya sesuai dengan norma norma yang berlaku pada lingukngan perusahaan itu berada untuk mendapatkan kepercayaan dari para masyarakat, dan juga tujuan lain dari teori ini tidak hanya sebuah perusahaan dapat memaksimalkan dan mencapai tujuannya melainkan perusahaan juga mampu untuk mempertahankan citra dan nama baik perusahaan untuk jangka panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dimana sumber datanya merupakan data sekunder yang didapat dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini merupakan Perusahaan Asuransi yang tercatat pada BEI yang penentuan sampelnya menggunakan metode purposive sampling, yang dimana hasil dari metode ini telah mendapatkan sebanyak 10 sampel perusahaan dengan periode penerbitan laporan tahunan selama 4 tahun yaitu dari tahun 2017 hingga tahun 2020. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, (2) Kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, (3) Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, (4) Variabel ukuran perusahaan merupakan variabel paling dominan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Perusahaan asuransi melakukan pengungkapan CSR (Corporate Social Responbility) dapat dipengaruhi oleh faktor faktor tertentu, antara lain ukuran perusahaan, kinerja keuangan, dan pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat dijadikan faktor penentu keputusan bagi perusahaan terutama bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan terkait pengungkapan CSR sebagai implikasi teoritis dan sebagai impikasi praktis yaitu Informasi terkait pengungkapan CSR (Corporate Social Responbility) pada perusahaan terkait dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk para stakeholder atau investor dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi maupun memberi dana suntikan pada perusahaan yang memiliki nilai pengungkapan CSR yang tinggi, karena hal ini dapat mengidentifikasi bahwa perusahaan telah melakukan pengelolaan sumber daya perusahaan maksimal yang tertuju pada eksistensi hidup perusahaan, dan diharapkan perusahaan perusahaan lainnya terutama perusahaan dengan nilai pengungkapan CSR yang rendah untuk ikut termotivasi dalam meningkatkan nilai pengungkapan CSR pada perusahaan mereka agar semakin banyak yang orang – orang atau masyarakat yang merasakan manfaat dan tujuan dari adanya pengungkapan Corporate Social Responbility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22525
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan, Kinerja keuangan, Pertumbuhan perusahaan, corporate social responbility, Pengungkapan corporate social responbility.
Subjects: I > I182 Insurance
S > S446 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mr Nurcahyo Wibowo
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:38
Last Modified: 23 Nov 2022 09:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item