Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Impression Management Bupati Banyumas di Media Sosial Instagram Pada Era Covid-19

PARWATININGSIH, Luky Ayu (2022) Impression Management Bupati Banyumas di Media Sosial Instagram Pada Era Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Luky Ayu Parwatiningsih-F1C017066-Skripsi-2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Bupati Banyumas yaitu Ir. Achmad Husein melalui media sosial Instagram pada era pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui impression management yang dilakukan oleh Bupati Banyumas di media sosial Instagram @ir_achmadhusein pada awal era COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dengan meneliti postingan di media sosial Instagram milik Bupati Banyumas dengan nama akun @ir_achmadhusein dan studi kepustakaan dengan proses observasinya adalah mencari referensi terkait permasalahan yang sedang diteliti. Untuk teknik pemilihan teks yang digunakan adalah postingan-postingan yang ada di media sosial Instagram milik Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dengan nama akun @ir_achmadhusein pada saat awal kemunculan dan merebaknya COVID 19 sekitar bulan Maret tahun 2020 hingga Mei 2020. Penelitian menggunakan metode analisis lima taktik impression management dari Jones dan Pittman serta analisis framing dari Gamson dan Modigliani. Pengembangan validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan impresi atau kesan yang coba dibangun oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, dalam postingannya yang diunggah di akun media sosial Instagram @ir_achmadhusein meliputi tentang bagaimana Achmad Husein menjadi sosok pemimpin yang dekat dengan masyarakat, terbukti dari sifat humoris yang ditunjukkan dan juga mau terjun langsung ke masyarakat baik itu secara langsung maupun melalui media sosial. Achmad Husein juga menjadi sosok yang tegas ketika harus memberikan klarifikasi terkait isu yang beredar. Ditambah Achmad Husein termasuk solutif karena mampu memberikan jawaban atas keresahan 83 masyarakat Kabupaten Banyumas dan juga kreatif karena menggunakan media sosial untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 mulai dari penyebaran informasi, anjuran-anjuran, hingga ke sayembara Tik-Tok untuk meningkatkan imunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22417
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kesan, Instagram, Bupati Banyumas
Subjects: M > M35 Management
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Luky Ayu Parwatiningsih
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:20
Last Modified: 24 Nov 2022 08:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item