CESILIA, Rizki Ghea (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Ekowisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Provinsi Gorontalo dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Download (192kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (191kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (291kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (202kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022.pdf Download (170kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022-pdf..pdf Download (189kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizki Ghea Cesilia-F1C018011-Skripsi-2022-pdf..pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Konsep ekowisata merupakan salah satu alternatif wisata yang ssat ini sedang menjadi primadona di kalangan wisatawan. Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang memiliki tujuan utama dalam pelestarian dan pengawetan sumber daya hati khas kawasan. Penerapan konsep ekowisata dalam kawsan taman nasional tentu menjadi peluang dan tantangan yang harus diperhatikan bersama. Pengelolaan ekowisata diterapkan di beberapa taman nasional di Indonesia salah satunya Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Taman Nasional Boganni Nani Wartabone merupakan kawasan yang luasnya mencakup Provinsi Gorontalo hingga Provinsi Bolaang Mongonwow. Pada penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk menganilisis konsep wisata berkelanjutan, menganilisis strategi komunikasi pemasaran, menganalisis tantangan dan hambatan serta merancang konsep strategi komunikasi yang dapat diimplementasikan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Provinsi Gorontalo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Taman Nasional Bogani Nani Wartabone secara umum disemua kawasan menerapkan konsep ekowisata berkelanjutan berdasarkan prinsip konservasi, partisipasi masyarakat, edukasi, ekonomi dan wisata. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Provinsi Gorontalo melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui advertising, sales promototion, personal selling, public relation dan word of mouth. Dalam melaksanakan strategi tersebut terdapat hambatan pada sumber daya manusia, jaringan yang tidak stabil dan wisata yang kompetitif. Untuk dapat memaksimalkan strategi komunikasi pemasaran ekowisata berdasarkan tantangan dan kondisi setempat dapat dilakukan melalui peningkatan sumber daya manusia terus-menerus, optimalisasi di startegi komunikasi yang sudah dilakukan sebelumnya dan menambah startegi dengan membangun brand awareness, direct marketing dan interactive marketing secara sederhana. Kata Kunci : Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Provinsi Gorontalo, Strategi Komunikasi Pemasaran, Ekowisata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22415 |
Uncontrolled Keywords: | Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Provinsi Gorontalo, Strategi Komunikasi Pemasaran, Ekowisata |
Subjects: | C > C631 Communication E > E59 Ecotourism M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Rizki Ghea Cesilia |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 00:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 00:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19004 |
Actions (login required)
View Item |