Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial pada Akun Instagram @Think.Women dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia

SYAHIDAH, Sarah Alya (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial pada Akun Instagram @Think.Women dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (7MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (7MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (7MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sarah Alya Syahidah-F1C018031-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Think.women merupakan sebuah unit sosial yang bertujuan untuk membantu perempuan Indonesia dengan cara memberdayakan mereka melalui program-program yang dibuat. Mereka meluncurkan beberapa program yang dilakukan secara online dan offline untuk memajukan pendidikan, teknologi, dan keuangan perempuan Indonesia. Program tersebut berisikan kelas-kelas yang memberikan edukasi terkait cara memajukan bisnis melalui bantuan teknologi digital. Berbeda dari program pemberdayaan perempuan pada umumnya, semua program Think.women dilakukan secara gratis tidak dipungut biaya sedikitpun agar perempuan Indonesia dapat merasakan manfaatnya tanpa perlu mengeluarkan biaya. selain gratis, think.women juga memberikan modal usaha puluhan juta kepada perempuan Indonesia yang berhasil memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pelaksanaan cara think.women dalam memberdayakan perempuan Indonesia melalui media sosial Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Pemasaran Sosial Mix 7p Kotler (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) sebagai pedoman dalam membedah penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Think.women memberikan konten positif dan persuasif dalam mengajak audiens untuk melakukan program pemberdayaan miliknya. Selain itu Think.women juga menggunakan teknik storytelling dalam meyampaian pesan. Think.women juga menggunakan beberapa cara agar konten di media sosial dapat memengaruhi audiens. Cara-cara yang dilakukan di antaranya membuat konten organik, berkolaborasi dengan media partner dan komunitas, serta memanfaatkan iklan. Dalam pembuatan konten, Think.women juga menggunakan cara seperti soft selling, takeaway message, memanfaatkan tren, memberikan konten informatif, serta menggunakan kata kunci dan tagar yang sesuai. Program yang dimiliki oleh think.women adalah program online dan offline. Program online meliputi; nalar berpikir kritis,nalar kreatif digital marketing, branding bisnis, aturan membuat konten, cara menggunakan canva, dan cara beriklan pada Instagram dan Facebook, Dalam penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan masih belum berjalan dengan optimal, karena masih banyak perempuan Indonesia yang tinggal di kota yang terpencil tidak mengetahui keberadaan Think.women.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22426
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Think.Women, Pemberdayaan Perempuan, Media Sosial+
Subjects: C > C631 Communication
M > M116 Mass media
W > W170 Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Sarah Alya Syahidah
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:15
Last Modified: 29 Nov 2022 04:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19052

Actions (login required)

View Item View Item