Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Tata Kelola Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Kabupaten Banyumas (Studi SDN 5 Arcawinangun, Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur dan SDN Watujaran Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang)

SHOLIHAH, Lina Oktaviana (2023) Tata Kelola Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Kabupaten Banyumas (Studi SDN 5 Arcawinangun, Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur dan SDN Watujaran Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf

Download (236kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2024.

Download (629kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (437kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2024.

Download (367kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf

Download (226kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lina Oktaviana Sholihah-F1B016095-Skripsi-2023..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan system penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki kecerdasan atau bakat istimewa untuk untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Ada banyak permasalahan adanya pendidikan inklusi di sekolah salah satunya adalah masih sangat kurangnya guru pembimbing untuk akan berkebutuhan khusus, peralatan dan perlengkapan yang sangat terbatas, pelatihan guru pendamping sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata kelola pendidikan inklusi Sekolah Dasar kabupaten Banyumas yang ada di SDN 5 Arcawinangun dan SDN Watujaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasusu tata kelola (governance) dari UNDP dengan tiga kriteria yaitu partisipasi, transparan dan akuntabilitas. pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aspek dari partisipasi kerjasama antara guru dengan wali murid dalam penanganan anak berkebutuhan khusus sudah baik. SDN Arcawinangun ikut serta dalam biaya seperti pembayaran setiap bulannya dan pembayaran yang harus lunas selama 6 tahun. Dari aspek transparan sekolah terbuka atas perkembangan anak maupun kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Dalam administrasi selain perkembangan tidak di paparkan secara langsung kepada wali murid. Sedangkan aspek akuntabilitas, sekolah sudah memenuhi tanggung jawab dalam mengajar kepada siswa reguler maupun siswa ABK. Namun dalam administrasi biaya mereka tidak semua biaya diberi tahukan kepada wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23007
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Inklusi, Tata Kelola, Anak Berkebutuhan Khusus, guru, wali murid.
Subjects: D > D197 Disabilities
E > E69 Education
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs SHOLIHAH Lina Oktaviana
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:02
Last Modified: 18 Jan 2023 02:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item