FIRDA, Thalia Nur (2023) Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Menggunakan Pendekatan Herzberg's Two-Factor Theory dalam Perspektif Karyawan (Studi Kualitatif pada Salah Satu Perusahaan Ritel Online). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Download (83kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 February 2024. Download (282kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 February 2024. Download (393kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 9 February 2024. Download (109kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf.pdf Download (84kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Thalia Nur Firda-C1B018001-Skripsi-2023.pdf Download (415kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Thalia Nur Firda_C1B018001-61-78.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
Abstract
Kepuasan kerja adalah salah satu faktor terpenting dalam pencapaian pekerjaan dan menghasilkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas yang lebih besar serta perasaan kepuasan pribadi. Kepuasan kerja dianggap sebagai salah satu faktor utama mengenai efisiensi dan efektivitas bisnis yang dapat dipahami melalui Herzberg's Two-Factor Theory. Teori ini menjelaskan bahwa kepuasan kerja dapat diciptakan melalui dua faktor yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Penelitian tentang kepuasan kerja dilakukan karena adanya fenomena employee turnover rate yang tinggi walaupun berada di negara dengan indeks kebahagiaan kerja tertinggi. Tujuan penelitian ini adalah menilai tingkat kepuasan kerja pada karyawan dan menguji peran Herzberg's Two-Factor Theory dalam menjelaskan kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan eksplanatori untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi dengan setting yang alamiah. Peneliti dibantu software MAXQDA dalam menganalisis data yang didapatkan dari 4 partisipan guna mencapai tujuan penelitian. Melalui pengujian secara empiris ditemukan bahwa tingkat kepuasan pada sektor ritel online masih terkategori netral-rendah. Hal ini disebabkan karena faktor hygiene dan motivational yang rendah. Faktor hygiene bertanggung jawab untuk mengurangi ketidakpuasan kerja sementara motivational bertanggung jawab untuk meningkatkan kepuasan. Keterbatasan penelitian yang ada dalam penelitian ini adalah sulitnya mendapatkan partisipan yang kompeten dan kredibel. Para karyawan cenderung enggan untuk diwawancara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23095 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja Karyawan, Efisiensi dan Efektivitas Bisnis, Herzberg's Two-Factor Theory, Employee Turnover Rate, Ritel Online |
Subjects: | E > E221 Employees J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs FIRDA Thalia Nur |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 08:32 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 08:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19982 |
Actions (login required)
View Item |