FITRIA, Risa Putri (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Tingkat III Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Download (10MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Download (69kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 February 2024. Download (213kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 February 2024. Download (160kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 February 2024. Download (199kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Download (65kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Risa Putri Fitria - I1B019031- Skripsi - 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Self regulated learning (SRL) mampu mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar mandiri. Karakteristik mahasiswa dalam melakukan SRL dapat terlihat dari strategi dalam mengelola emosi yang merupakan bagian dari komponen kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara kecerdasan emosional dengan SRL pada mahasiswa tingkat III Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 216 responden. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan cluster sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Trait Emotional Intelligence Questionnaire Adolescent Short Form (TEIQue-ASF) dan kuesioner Assessing Academic Self regulated. Analisis data menggunakan Spearman Rho. Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (82,4%), berasal dari Jurusan Kesehatan Masyarakat (25,0%), dan selama kuliah bertempat tinggal di kost (71,3%). Kecerdasan emosional responden berada pada tingkat sedang (63%). SRL responden berada pada tingkat sedang (56,5%). Nilai signifikansi antara kecerdasan emosional dan SRL 0,000 dimana nilai tersebut <0,05. Nilai koefisien korelasi 0,381 menunjukan arah positif dan tingkat kekuatan hubungan berada pada kategori positif lemah. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan SRL pada mahasiswa tingkat III Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I23068 |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, mahasiswa, self regulated learning |
Subjects: | E > E207 Emotions Spiritual life Virtue P > P612 Psychology of learning S > S186 Self |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mrs Risa Putri Fitria |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 01:00 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 01:00 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20351 |
Actions (login required)
View Item |