CARYANTO, Valerio (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecanduan Bermain pada Komunitas Pemain Game Online. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Download (289kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 February 2024. Download (444kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 February 2024. Download (347kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 February 2024. Download (361kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Download (481kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Download (342kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-VALERIO BCC-I1B019053-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
Latar Belakang: Salah satu masalah yang dihadapi remaja adalah kecanduan game online. Kecanduan bermain game online merupakan kebiasaan remaja menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Kecanduan game online dipengaruhi faktor motivasi bermain, pengendalian diri, dan interaksi sosial. Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran, penggetahuan, dan wawasan kepada pembaca tentang faktor yang berhubungan dengan kecanduan bermain game online di komunitas. Metodologi: Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional (Potong Lintang). Jumlah sampel sebanyak 50 responden. Instrumen penelitian mengunakan kuesioner motivasi bermain game online, pengendalian diri, dan interaksi sosial. Analisis data mengunakan Fisher’s Exact Test. Hasil Penelitian: Mayoritas remaja berjenis kelamin laki-laki 32 orang (72,7%), responden terbanyak adalah remaja akhir 25 orang (56,8%), jenis game yang paling banyak dimainkan oleh remaja komunitas adalah game Mobile Legends sebanyak 23 orang (52,3%), kategori kecanduan tinggi karena sebanyak 37 orang (84,1%), dengan faktor motivasi bermain game online tinggi 26 orang (59,1%), pengendalian diri tingkat rendah sebanyak 23 orang (52,3%), interaksi sosial rendah dengan 23 orang (52,3%), Nilai signifikan antara faaktor motivasi bermain game online, pengendalian diri, dan interaksi sosial terhadap kecanduan bermain game online menunjukan hasil >0.05 Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor motivasi bermain game online, faktor pengendalian diri, dan faktor interaksi sosial terhadap kecanduan bermain game online pada remaja di komunitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I23075 |
Uncontrolled Keywords: | faktor yang berhubungan dengan kecanduan bermain game online. kecanduan game online, komunitas game |
Subjects: | C > C648 Community life C > C679 Computer games |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mr CARYANTO Valerio Basuni Carlo |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:03 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20395 |
Actions (login required)
View Item |