Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pendidikan Moral Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 melalui Konten Animasi Akun Youtube Cerdas Berkarakter

HUSNA, Lilis Nurul (2023) Pendidikan Moral Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 melalui Konten Animasi Akun Youtube Cerdas Berkarakter. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf

Download (460kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf

Download (370kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2024.

Download (495kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2024.

Download (616kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2024.

Download (439kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023 (1).pdf

Download (455kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lilis Nurul Husna-F1A018056-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Pendidikan moral pada era digital dapat dilakukan melalui konten animasi seperti yang disajikan dalam akun youtube Cerdas Berkarakter. Konten animasi ini mengemas pendidikan moral dalam berbagai bentuk cerita yang menarik dan menghibur bagi anak. Sebagai media pendidikan moral konten animasi ini menyajikan nilai moral, metode pendidikan hingga tokoh-tokoh pendidik yang dapat disaksikan oleh anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bentuk nilai moral, metode pendidikan moral dan tokoh pendidik yang paling sering muncul dalam konten animasi Cerdas Berkarakter. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari akun Youtube Cerdas Berkarakter yakni berupa video animasi yang diunggah dari bulan Juli 2020 sampai dengan bulan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan analisis data distribusi frekuensi yang ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran, diagram batang dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk nilai moral yang paling sering muncul adalah nilai kepedulian dengan frekuensi sebanyak 41 kali (20,7%). Nilai ini meliputi tolong menolong, menjenguk orang sakit, memberi dukungan kepada orang lain atau teman, kerja sama atau gotong royong, menghargai orang lain, memberi pujian ataupun nasihat dan saling berbagi dengan sesama. Metode pendidikan moral yang paling sering muncul adalah keteladanan dengan frekuensi sebanyak 62 kali (74,7%). Metode ini digambarkan dengan nasihat, pemberian contoh perilaku baik dan pembacaan cerita. Tokoh pendidik yang paling dominan ditemukan dalam konten animasi Cerdas Berkarakter adalah teman sebaya dengan frekuensi sebanyak 27 kali (25,0%). Tokoh ini digambarkan dengan sosok anak-anak yang senantiasa berperilaku positif. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah perlunya promosi yang lebih masif dari konten tersebut dan jumlah konten yang perlu diperbanyak. Selain itu meski tayangan tersebut telah memberikan nilai-nilai moral yang positif, bimbingan orang tua dan lingkungan sekitar masih menjadi faktor penting dalam pendidikan moral anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23081
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Cerdas Berkarakter, Pembelajaran Daring
Subjects: I > I258 Internet in education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Lilis Nurul Husna
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:17
Last Modified: 24 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20402

Actions (login required)

View Item View Item