NAFILAH, Niktun (2019) Analisis Kinerja Operasional Kereta Api Joglosemarkerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-NIKTUN NAFILAH-H1B015002.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB 1-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB 2-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB 3-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB 4-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB 5-NIKTUN NAFILAH-H1B015002-SKRIPSI-2019..pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-NIKTUN N-H1B015002-SKRIPSI-2019.pdf Download (792kB) |
Abstract
Kereta Api Joglosemarkerto dioperasikan pada tanggal 1 Desember 2018. KA ini merupakan gabungan loop KA Kamandaka (Purwokerto-Semarang Tawang PP) dan KA Joglokerto (Solo Balapan-Purwokerto PP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas waktu KA Joglosemarkerto. Ada 4 analisis yang dilakukan yaitu waktu tempuh, waktu henti, waktu tunda, dan kapasitas lintas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan acuan pada PM 48 tahun 2015. Hasil dari penelitian ini adalah waktu tempuh terbesar ada di KA 7079-7082 rute Solo Balapan-Solo Balapan sebesar 11 jam 29 menit 48 detik, sedangkan kelambatan terbesar ada di KA 7081-7080 rute Semarang Tawang-Solo Balapan sebesar 14 menit 36 detik pada bulan Juni 2019. Waktu henti memiliki selisih waktu terlama di KA 7083-7086 rute Solo BalapanPurwokerto sebesar 25 detik pada bulan April 2019. Untuk waktu tunda terbesar yaitu 37 menit 48 detik yaitu pada KA 7079-7082 rute Solo Balapan-Solo Balapan di bulan Juni 2019. Hasil ketiganya menunjukkan semua rute perjalanan masih belum mencapai batas waktu keterlambatan. Efektivitas waktu diwakili oleh jalur Semarang Tawang sampai dengan Solo Balapan yang tadinya harus menempuh 9 jam 56 menit dengan KA Kamandaka dan KA Joglokerto sekarang setelah adanya KA Joglosemarkerto menjadi 8 jam 35 menit. KA Joglosemarkerto mampu mengurangi waktu tempuh sebesar 1 jam 21 menit. Sedangkan pada analisis kapasitas lintas jalur yang dilalui KA Joglosemarkerto menggunakan Gapeka tahun 2017 menunjukkan tingkat efektivitas dibawah 60% untuk jalur ganda di Daop 4, 5, 6, sedangkan untuk jalur tunggal di Daop 5 menunjukkan angka lebih dari 95% yaitu di Purwokerto sampai dengan Kutoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19274 |
Uncontrolled Keywords: | KA Joglosemarkerto, waktu tempuh, waktu henti, waktu tunda, kapasitas lintas |
Subjects: | T > T204 Time travel T > T283 Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 03:31 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 03:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20702 |
Actions (login required)
View Item |