PRAMESTI, Wigita Ayudia (2019) Analisis Perbandingan Lokasi Rawan Kecelakaan dengan Metode Angka Ekuivalen Kecelakaan dan Pembobotan Fasilitas Perlengkapan Jalan di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-FT-2019 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (BabII)
5. BABII - WIGITA AYUDIA P-H1B015070 Analisis Perbandingan - Copy.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-FT-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-FT-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Wigita Ayudia P-H1B015070-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penentuan lokasi rawan kecelakaan pada saat ini hanya dapat ditentukan setelah terjadinya kecelakaan dengan melakukan pembobotan Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) berdasarkan tingkat fatalitas serta jumlah kejadian kecelakaan. Pada penelitian ini dilakukan pembobotan fasilitas perlengkapan jalan dengan menentukan koefisien masing-masing parameter terlebih dahulu, karena besar pengaruh setiap parameter terhadap kecelakaan berbeda-beda. Sehingga lokasi rawan kecelakaan dapat ditentukan sebelum insiden kecelakaan terjadi. Metode yang digunakan adalah Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK), Upper Control Limit (UCL), Z-Score, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Fasilitas perlengkapan jalan yang ditinjau yaitu marka jalan, rambu lalu lintas, alat pemberi isyarat lalu lintas, alat penerangan jalan, serta alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. Berdasarkan analisis metode AHP diketahui rambu lalu lintas menjadi parameter yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan di Purbalingga. Selanjutnya, urutan koefisien yang paling mendekati urutan bobot setiap parameter dari penilaian kondisi eksisiting adalah hasil analisis AHP penilaian expert choice. Namun, karena dari metode UCL tidak diperoleh lokasi rawan kecelakaan, maka untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan berdasarkan pembobotan fasilitas perlengkapan jalan dengan koefisien AHP penilaian expert choice dilihat dari hasil analisis metode Z-Score. Sehingga dari 15 ruas jalan yang disurvei, diperoleh 8 lokasi rawan kecelakaan yaitu Jalan Raya Turut: Desa Banjarsari, Desa Serang, Desa Karangduren, Desa Gembong, Desa Lambur, Desa Selanegara, Desa Mangunegara, dan Desa Karanganyar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19279 |
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan lalu lintas, lokasi rawan kecelakaan, angka ekuivalen kecelakaan, fasilitas perlengkapan jalan, analytical hierarchy process, upper control limit, Z-Score. |
Subjects: | T > T255 Traffic accidents |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 02:47 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 02:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20719 |
Actions (login required)
View Item |