Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengelolaan Media Sosial Instagram oleh Organisasi Publik pada Komisi Pemilihan Umum Tingkat Kabupaten-Kota di Provinsi Jawa Tengah

QOTRUNADA, Arifah Sitta (2023) Pengelolaan Media Sosial Instagram oleh Organisasi Publik pada Komisi Pemilihan Umum Tingkat Kabupaten-Kota di Provinsi Jawa Tengah. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (196kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (313kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (188kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN ARIFAH SITTA QOTRUNUDA TESIS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Perkembangan platform media sosial telah berkembang dengan sangat pesat dan telah menjangkau pada sektor pemerintahan. Media sosial khususnya instagram saat ini bukan hanya sebagai akun pribadi, namun telah bertransformasi menjadi akun publik. Pengelolaan instagram oleh organisasi publik atau lembaga pemerintahan dapat dilihat dalam penggunaan instagram oleh KPU di lingkup Kabupaten-Kota di Jawa Tengah. Dalam fenomena ini peran Ketua KPU menjadi penting karena memiliki keterkaitan yang kuat dalam proses pengelolaan instagram di KPU. Ketua KPU memiliki pengaruh langsung yang dapat mempengaruhi kontribusi dan berakibat pada kebijakan yang diambil oleh KPU sebagai organisasi publik. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan instagram yang dilakukan Ketua KPU Kabupaten-Kota di Jawa Tengah yang dilihat dari performance akun instagram milik KPU. Fokus dari penelitian ini terletak pada engagement rate yang dapat menjadi tolak ukur dalam mengetahui performance suatu akun instagram. Sasaran dari penelitian ini adalah akun instagram KPU-Kota yang digunakan sebagai sarana untuk mengetahui peran Ketua KPU yang dapat dilihat dari atribut-atribut antara lain jenis kelamin, pendidikan, usia, dan followers. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan menggunakan bantuan aplikasi rapid miner. Rapid miner merupakan perangakat lunak yang bersifat terbuka (open source). Rapid miner adalah sebuah solusi untuk melakukan analisis terhadap data mining, text mining dan analisis prediksi. Rapid miner menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi dalam memberikan wawasan kepada pengguna sehingga dapat membuat keputusan yang paling baik. Sehingga rapid miner telah menunjukan hasil bahwa instagram dalam tata kelola organisasi publik berfungsi sebagai tempat publikasi informasi. Pada akhirnya instagram yang digunakan oleh KPU sebagai sarana pelayanan publik digital telah bertransformasi menjadi papan buletin. Perubahan pelayanan publik dan tata kelola lembaga pemerintah dengan memanfaatkan instagram berfungsi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Hal ini karena KPU memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi informasi dan segala bentuk pengumuman yang harus disampaikan kepada masyarakat dan publik. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa aksi-aksi pada bidang pelayanan publik tidak lagi mengandalkan cara kerja lama dengan kultur pelayanan yang konvensional. Cara-cara manual akan kadaluarsa, karena terjadi inefisen dalam prosesnya dan terus tergerus kalah dalam persaingan serba cepat. Sehingga adanya instagram harus dapat dimanfaatkan lebih maksimal lagi dalam proses pelayanan publik digital. Penggunaan media sosial oleh organisasi publik menjadi bagian dari pelayanan publik yang adaptif karena telah mengikuti perkembangan zaman, khususnya perkembangan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223109
Uncontrolled Keywords: Instagram, KPU, pelayanan publik digital.
Subjects: D > D174 Digital electronics
P > P647 Public service commissions
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. QOTRUNADA Arifah Sitta
Date Deposited: 17 May 2023 08:02
Last Modified: 19 May 2023 00:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item