EGARINI, Divanka Alci (2023) Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Tuna Rungu Wicara Di SLB-B Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Download (754kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2024. Download (4MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Download (524kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan game untuk berbagai platform pada saat ini sangatlah pesat dengan berbagai jenis genre salah satunya adalah game edukasi. Namun kurangnya minat pada game edukasi mengakibatkan game edukasi berada di tingkat kepopularitasan yang kurang juga. Padahal di lain sisi game edukasi memiliki peran yang sangat baik untuk melatih dan membentuk karakter seorang individu yang lebih baik. Pada penelitian ini penulis mengembangkan game edukasi untuk siswa/i kelas X di SLB B Yakut Purwokerto. Jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC). Selain itu dilakukan juga uji kelayakan dan menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) yaitu melakukan Blackbox testing pada produk beta dan mengambil hasil kuesioner yang dibagikan pada para ahli dan subjek penelitian dengan skala likert untuk menentukan tingkat keberhasilan game. Game edukasi ini memiliki tiga menu utama yaitu Menu Play, Menu Book, dan Menu Quiz dengan kategori “Layak”. Menu Play menyajikan permainan permainan labirin yang memiliki tiga level dengan tingkat kesulitan yang beragam Menu Book berisikan materi mengenai rantai makanan yang dapat dibaca oleh pengguna serta disediakan pula video pembelajaran yang dapat membantu pengguna memahami materi. Menu Quiz menyajikan sejumlah 20 soal yang digunakan sebagai evaluasi. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa game Way Out layak digunakan sebagai media pembelajaran rantai makanan. Hasil dari pengujian UAT mendapatkan persentase sebesar 77,33 % dengan kategori “Layak”. Selain itu pada hasil pengujian validitas ahli media menunjukkan game edukasi Way Out mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan pada penilaian validitas dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 76% dengan kriteria “Layak”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23085 |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Tunarungu-wicara, Unity, Rantai Makanan. |
Subjects: | E > E76 Educational games I > I141 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs. EGARINI Divanka Alci |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:09 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21198 |
Actions (login required)
View Item |